Pengertian Tentang Koperasi Sekolah : Fungsi, Tujuan & Ciri-Cirinya

Pengertian Tentang Koperasi Sekolah : Fungsi, Tujuan & Ciri-Cirinya

Pengertian tentang koperasi sekolah berarti koperasi sekolah didirikan di sekolah-sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa koperasi dan kerja sama untuk siswa-siswa yang dikemudian hari menjadi harapan dalam membangun bangsa Indonesia. Untuk lebih jelasnya nya tentang koperasi sekolah marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Tentang Koperasi Sekolah

  • Koperasi sekolah sering disebut juga dengan Koperasi Siswa. Koperasi Sekolah ialah  koperasi yang didalam keanggotaannya murid sekolah tersebut baik negeri ataupun swasta. Fungsi koperasi sekolah yaitu untuk wadah dalam mendidik kesadaran berkoperasi di kalangan anggota atau siswa Koperasi sekolah untuk mengajarkan siswa dalam mengembangkan sifat dalam wirausaha kepada siswa dengan tidak perlu menunggu lepas dari sekolah, dan juga untuk membantu memenuhi kebutuhan siswa, manfaat pada koperasi sekolah sudah pasti sangat dirasakan para siswa dengan adanya sebuah koperasi sekolah.
  • Pengertian Koperasi sekolah adalah koperasi yang beranggotakan siswa sekolah yaitu pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah atau pendidikan setara dengan itu yang didirikan berdasarkan surat keputusan Menteri Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Koperasi, Nomor 638/SKPTS/men/1974.

Pengertian Tentang Koperasi Sekolah,Fungsi, Tujuan Dan Ciri-Cirinya

Peran Dan Fungsi Koperasi Sekolah

Fungsi dan peran Koperasi Indonesia adalah :

  1. membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
  2. Berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat ebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan Koperasi sebagai saka gurunya.
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama atas dasar asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Ciri Khas dan Tujuan Pendirian Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Koperasi sekolah didirikan berdasarkan SK kerjasama antar Departemen.
  2. Koperasi sekolah tidak berbadan hukum.
  3. Anggota koperasi sekolah terdiri atas siswa dari sekolah yang bersangkutan.
  4. Jangka waktu keanggotaan terbatas selama anggota yang bersangkutan belum tamat dari sekolah tempat mereka belajar.
  5. Koperasi sekolah merupakan koperasi serba usaha.
  6. Koperasi sekolah mempunyai manfaat ganda, yaitu manfaat di bidang pendidikan dan ekonomi.

BACA JUGA : Hukum Hutang Piutang

Keanggotaan Koperasi Sekolah

Keanggotaan seseorang pada koperasi tidak dapat dipindahtangankan seperti digadaikan atau dijual karena keanggotaan koperasi itu adalah orang orang tertentu yang melekat (inherent) pada pribadi anggota koperasi yang bersangkutan. Tidak seperti saham perseroan terbatas (PT) yag dapat diperjual belikan, tanda keanggotaan koperasi tidak dapat diperjual belikan.

Secara umum, syarat-syarat keanggotaan koperasi sekolah antara lain sbb:

  1. siswa-siswi sekolah tempat koperasi itu berada.
    setiap anggota mempunyai hak yang sama, yaitu satu anggota mempunyai satu suara.
    3. keanggotaannya tidak dapat dipindahtangankan.
    4. setiap anggota wajib memenuhi dan melaksanakan ketentuan ketentuan yang berlaku di koperasi.
    5. setiap anggota harus setia, taat dan menjunjung tinggi nama koperasi sekolah.
    6. setiap anggota berhak memilih dan dipilih menjadi pengurus dan pengawas.

Kesimpulan Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Simpan Pinjam didirikan bertujuan untuk memberi kesempatan kepada anggotanya untuk memperoleh pinjaman dengan mudah dan dengan bunga ringan. Koperasi simpan pinjam juga berusaha untuk mencegah para anggotanya agar tidak terlibat dalam jeratan kaum lintah darat pada waktu mereka memerlukan sejumlah uang, dengan jalanmenggiatkan tabungan dan mengatur pemberian pinjaman uang dengan bunga yang serendah-rendahnya, Koperasi simpan pinjam menghimpun dana dari para anggotanya yang kemudian menyalurkan kembali dana tersebut kepada para anggotanya.

Saran Koperasi Simpan Pinjam

Sebaiknya koperasi perlu ditingkatkan dan dikembangkan dengan banyak pelatihan yang diberikan utamanya kepada pengurus koperasi sehingga dapat membuat kinerja dan dan pelayanan yang diberikan lebih baik dengan demikian akan semakin banyak msyarakat yang tertarik untuk berkoperasi, tentunya hal ini diperlukan perhatian yang serius dari pemerintah khusunya instansi yang terkait. Kepada anggota koperasi untuk lebih aktif berpartisipasi dalam koperasi sebagai usaha yang dikerjakan secara barsama-sama dan untuk kepentingan bersama pula.

 

Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Kami mengenai Pengertian Tentang Koperasi Sekolah. Semoga Artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Salam Sukses !!

DOWNLOAD JUGA APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM GRATIS!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

joker123