Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi

Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi

Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi – Pemasaran selalu ada dalam setiap usaha, baik usaha yang berorientasi profit maupun usaha-usaha sosial. Pentingnya pemasaran dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat akan suatu produk dan jasa. Dalam melakukan kegiataan suatu perusahaan memiliki tujuan yang hendak dicapai, baik tujuan jangka panjang maupun jangka panjang.

Philip Kotler mendefinisikan pengertian pemasaran adalah :

Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi – Suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.

Pemasaran merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para nasabahnya terhadap produk dan jasa. Untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen. Pengertian kebutuhan manusia ( nasabah ) adalah suatu keadaan dimana dirasakan tidak ada dalam diri seseorang, seperti kebutuhan akan rasa aman, lapar, haus dan kebutuhan lainya. Dalam praktiknya kebutuhan konsumen atau nasabah adalah sebagai berikut :

  1. Kebutuhan akan produk dan jasa.
  2. Kebutuhan rasa aman dalam menggunakan produk atau jasa tersebut.
  3. Kebutuhan kenyamanan menggunakan produk atau jasa.
  4. Kebutuhan untuk dihormati dan dihargai.
  5. Kebutuhan untuk persahabatan.
  6. Kebutuhan untuk diberi perhatian.
  7. Kebutuhan status/prestise.
  8. Kebutuhan aktualisasi diri.

Download Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam, Klik Disini !!

Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi

Download Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam, Klik Disini !!

Selanjutnya, pengertian keinginan manusia ( konsumen atau nasabah ) adalah merupakan kebutuhan yang dibentuk oleh kultur dan kepribadian individu. Contoh keinginan konsumen adalah sebagai berikut :

  1. Ingin agar bisa memperoleh pelayanan yang cepat.
  2. Ingin agar bisa menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.
  3. Ingin memperoleh komitmen perusahaan.
  4. Ingin memperoleh pelayanan yang bermutu ( cepat dan memuaskan ).
  5. Ingin memperoleh kepuasaan atas penggunaan produk atau jasa.
  6. Ingin dihargai dan dihormati.
  7. Ingin memperoleh perhatian.
  8. Ingin memperoleh status / prestise.
  9. Ingin memperoleh keuntungan atau manfaat.

Dalam hal produk atau jasa perbankan, baik produk simpanan tabungan maupun pinjaman harus dilakukan dengan perencanaan yang yang telah disusun dan dijalankan perlu dilakukan pengawasan dan pengendalian secara terus menerus agar tidak menyimpang dari yang sudah direncanakan. Pada kegiataan pemasaran diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah serta juga akan memberikan kepuasaan kepada para nasabahnya.

Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi

Selain Tata Cara Melayani Nasabah Koperasi dengan mengerti tentang pemasaran, seorang anggota koperasi harus bisa juga mengerti pelayanan terhadap nasabah koperasi yaitu sebagai berikut :

2. Pengertian Pelayanan

Didalam suatu koperasi pelayanan yang memuaskan merupakan hal yang paling utama yang perlu diperhatikan bagi perkoperasian untuk kepuasaan pelanggan atau nasabahnya. Pelayanan produk dan jasa harus dilakukan dengan baik dan benar sehingga mendapat simpati dan menarik bagi masyarakat calon nasabah yang bersangkutan. Apabila pelayanan dilakukan dengan baik dan benar maka pemasaran produk dan jasa diharapkan akan berhasil baik pula.

Pelayanan adalah suatu aktivitas atau serangakaian aktivitas yang bersifat tidak kasat mata ( tidak dapat diraba ) yang terjadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberian pelayanan yang dimaksudkan untuk memecahkan permasalahan atau pelanggan2 . Menurut KBBI pelayanan adalah suatu kegiatan yang diberikan seseorang atau badan untuk melayani kebutuhan orang lain.

Pelayanan atau service adalah setiap kegiataan atau manfaat yang dapat diberikan suatu pihak kepihak lainnya yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak pula berakibat pemilikan sesuatu dan produksinya dapat atau tidak dapat dikaitkan dengan suatu produk fisik sehingga pelayanan merupakan perilaku produsen dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen demi tercapainya kepuasaan pada konsumen sendiri.

Pelayanan adalah kegiataan pemberian jasa dari satu pihak kepada pihak lainya. Pelayanan yang baik adalah pelayanan yang dilakukan secara ramah tamah, adil, cepat, tepat dan dengan etika yang baik sehingga memenuhi kebutuhan dan kepuasaan bagi yang menerimanya.

  1. Ramah tamah dimaksudkan bahwa pelayanan dilakukan dengan wajah ceria, wajar, dan dengan etika yang baik serta tidak menyinggung perasaan. Misalnya dengan berkata : “ Apa yang dapat saya bantu “.
  2. Adil artinya pelayanan diberikan berdasarkan urutan antrian.
  3. Cepat dan tepat dimaksudkan pelayanan yang diberikan tidak bertele-tele dan harus baik dan benar.

BACA JUGA : Fungsi dan Peran Koperasi

Pengertian Kepuasan Nasabah

Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi – Tujuan utama strategi pemasaran yang dijalankan adalah untuk meningkatkan jumlah nasabahnya, baik secara kuantitas maupun kualitas. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan berbagai cara salah satunya memberikan kepuasaan nasabah atau pelanggan.

Kepuasan pelanggan ( nasabah ) telah menjadi konsep sentral dalam wacana bisnis dan manajemen. Pelanggan ( nasabah ) memegang peranan cukup penting dalam mengukur kepuasan terhadap produk maupun pelayanan yang diberikan perusahaan atau lembaga keuangan.

Kotler mendefinisikan kepuasan pelanggan yaitu, “Perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapanya.”

Dari definisi diatas kita bisa melihat bahwa kepuasan merupakan fungsi dari persepsi atau kesan atau kinerja dan harapan. Jika kinerja berada dibawah harapan, pelanggan tidak puas.

Jika kinerja memenuhi harapan, pelanggan puas. Jika kinerja melebihi harapan, pelanggan amat puas atau senang.

Terimakasih sudah membaca artikel kami mengenai Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi. Semoga artikel Pemasaran Pelayanan Kepuasan Nasabah Koperasi dapat Bermanfaat bagi Anda. Salam Sukses

Download Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam, Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *