Mengenal Koperasi Produksi Secara lengkap

Mengenal Koperasi Produksi Secara lengkap

Mengenal Koperasi Produksi Secara lengkap – Koperasi adalah organisasi bisnis yang memiliki dan dioperasikan untuk kepentingan bersama. Landasan kegiatan koperasi yakni berdasarkan prinsip gerak dan ekonomi rakyat yang berasaskan kekeluargaan. Tujuan utama pembentukan koperasi yaitu untuk mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan mandiri atas dasar pancasila dan UUD 1945. Landasan koperasi indonesia yaitu Pancasila sebagai landasan idiil dan UUD 1945 sebagai landasan hukum.

Dalam UU No. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian bab II pasal 3, tujuan koperasi yaitu memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Fungsi koperasi dalam UU No. 25 tahun 1992 pasal 4 diantaranya:

  • Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
  • Berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
  • Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai gurunya.
  • Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Mengenal Koperasi Produksi 

Koperasi produksi ialah sebuah koperasi yang mempunyai tujuan untuk membantu setiap anggotanya ataupun melakukan usaha secara bersama-sama. Koperasi produksi ini dibagi lagi menjadi beberapa macam berdasarkan jenis produk atau jasa yang diproduksi, seperti koperasi produksi untuk para peternak sapi, koperasi produksi untuk para petani, pengrajin dan lain sebagainya.

Pada pendirian koperasi produksi, koperasi yang membantu anggota biasanya mempunyai tujuan untuk mengurai kesulitan anggotanya dalam menjalankan usaha. Sebagai contoh pada koperasi produksi kerajinan, dimana koperasi akan membantu menyiapkan bahan baku yang dibutuhkan untuk menghasilkan kerajinan tersebut.

Ada juga contoh lain pada koperasi para petani, dimana koperasi bisa membantu menyiapkan bibit dan juga pupuk untuk tanaman.

Para pelaku usaha atau anggota yang tergabung di dalamnya pun bisa berdiskusi dengan koperasi dalam mencari jalan keluar dari masalah yang dialami bersama.

Bentuk bantuan yang diberikan pun beragam, bisa berupa bantuan bahan baku atau bantuan untuk menjual hasil produksi dari para anggotanya. Koperasi akan menampung semua hasil produksi sehingga para anggota lebih dimudahkan dalam menjual hasil usahanya.

Seperti contohnya pada koperasi yang membantu menampung hasil pertanian anggotanya. Hasil pertanian yang bisa ditampung antara lain adalah padi, jagung, kedelai, kacang dan lain sebagainya. Selain itu, hasil pengrajin dan peternak juga bisa ditampung dengan teknik penampungan yang sesuai sehingga tidak mengurangi nilai jual atau fungsinya.

Tujuan Koperasi Produksi

Tujuan koperasi produksi adalah memberikan kemudahan kepada para pengusaha keci ataupun menengah untuk memperolah bahan baku ataupun bahan penolong lainnya yang dapat mempercepat proses produksi untuk setiap pengusaha. Sebenarnya dapat disimpulkan bahwa koperasi produksi ini memang memiliki anggota dari gabungan dari pengusaha-pengusaha kecil dan menengah yang bersama-sama melakukan kegiatan penyediaan barang untuk tujuan bersama.

Manfaat Koperasi Produksi untuk Para Pengusaha Kecil dan Menengah

Koperasi produksi memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk para anggotanya, untuk mengetahui penjelasannya lebih lanjut maka simak informasinya di bawah ini.

  1. Mengadakan Penyediaan Barang

Koperasi produksi atau yang biasa disebut dengan koperasi produsen memang memiliki tugas penyediaan barang baku ataupun bahan pelengkap yang lainnya. Dengan demikian maka akan memudahkan para anggota yang lainnya untuk mendapatkan bahan baku untuk memproduksi suatu produk usahanya.

Apabila Anda tergabung menjadi salah satu anggota koperasi produksi maka akan dengan mudah mendapatkan bahan baku tanpa harus mencari ke temapat penyedia barang baku yang mungkin dapat menghabiskan banyak waktu untuk memberlinya.

  1. Memudahkan Memperoleh Bahan Baku

Salah satu keuntungan tergabung dalam koperasi produksi adalah memiliki kemudahan dalam memperoleh bahan baku. Sebenarnya bahan baku ataupun bahan pelengkap yang bisa didapatkan di koperasi juga merupakan sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh para anggota koperasi untuk menyediakan bahan baku sebagai penyediaan bahan yang diperuntukkan untuk para anggotanya.

  1. Mempercepat Proses Produksi

Apabila Anda memiliki usaha kecil atau menengah maka sebaiknya Anda bergabung menjadi anggota koperasi produksi. Dengan begitu maka proses produksi Anda dapat dilakukan dalam waktu yang cepat, hal tersebut dikarenakan Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk mencari dan mendapatkan hasil produksi ke beberapa tempat yang cukup menghabiskan waktu. Jika Anda memang sudah tergabung dengan koperasi produksi, maka Anda dapat mengambil bahan baku untuk produksi dengan.

  1. Menghemat Waktu

Nah, salah satu manfaat koperasi produksi adalah dapat menghemat waktu. Tentunya, apabila Anda sudah tergabung menjadi anggota koperasi maka tidak perlu susah-susah mencari bahan baku. Awal tujuan dari berdirinya koperasi produksi adalah untuk mensejahterakan para pengusaha kecil ataupun menengah dengan cara bekerja sama melakukan berbagai penyedian modal untuk mengadakan penyediaan bahan produksi yang berupa bahan baku ataupun bahan penolong. Dengan demikian maka akan memudahkan Anda melakukan proses produksi.

  1. Mensejahterakan Pengusaha Kecil dan Menengah

Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh para anggota koperasi memang sangat mampu mensejahterakan para pengusaha kecil dan menengah. Bahkan, apabila Anda memang sudah tergabung menjadi anggota koperasi maka usaha kecil ataupun menengah yang Anda dirikan akan semakin bertambah maju. Banyak kemudahan yang dapat Anda miliki apabila tergabung dengan koperasi produksi.

Contoh Koperasi Produksi

  1. Koperasi Rengganing Asta Palupi, Jawa Tengah

Salah satu koperasi produksi di Indonesia yang menampung hasil pengrajin olahan dari bahan limbah. Lokasinya berada di kota Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Alamatnya berada di Batik Pasha, UMKM Center Jawa Tengah, Jl Setiabudi, no 192, Srondol Wetan, Banyumanik, Jawa Tengah.

  1. Koperasi Industri Kerajinan Kriya Bambu Sedana, Desa Tanggahan Peken, Sulahan, Kab. Bangli, Provinsi Bali

  2. Koperasi Produksi Ternak (KPT) Maju Sejahtera

koperasi produksi dengan jenis usaha peternakan contohnya seperti koperasi KTP Maju Sejahtera di Kabupaten Lampung Selatan. Koperasi ini menampung sapi-sapi yang dihasilkan oleh 37 peternak sapi di Kecamatan Bintang dan Tanjung Sari.

  1. KPS (Koperasi Produksi Susu) Sapi Perah di Bogor

Contoh Koperasi Produksi Pertanian

Beberapa koperasi produksi dibidang pertanian di Indonesia misalnya seperti :

  1. KPMA Pangandaran (produksi kelapa)

  2. Koperasi Berkah Muti Generasi Lembang (produksi kentang)

  3. Koperasi Pugar Ronggolawe Makmur Tuban (produksi garam)

  4. Koperasi Agroniaga Jabung Malang (produksi jagung)

  5. Koperasi Citra Kinaraya Demak (produksi beras)

 

Sumber: https://denynp.blogspot.com/2018/12/koperasi-produksi-adalah-koperasi-untuk.html

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *