LABA KOPERASI

LABA KOPERASI

Laba Koperasi – Koperasi adalah sebuah badan usaha, yang mana di dalamnya selalu mengharapkan laba dari usaha yang dilakukan. Namun fungsi koperasi tidak semata untuk mencari keuntungan atau laba semata. Namun koperasi lebih memperhatikan pelayanan terhadap anggotanya maupun masyarakat luas dan kesejahteraan anggotanya.

Meski begitu, laba koperasi tetap ada meski jumlahnya tidak tentu dan setiap anggota mendapat jatah yang tidak tentu pula. Laba koperasiatau juga disebut dengan Sisa Hasil Usaha (SHU) adalah pendapatan selama satu tahun dikurangi pajak, biaya penyusutan, dan kewajiban lainnya dalam satu tahun tersebut.

Laba Koperasi

Sisa Hasil Usaha atau laba koperasi ini dihitung di akhir tahun, dan besarnya tergantung pada partisipasi atau transaksi anggota dengan koperasi. Jadi setiap anggota koperasi memperoleh SHU yang besarnya berbeda-beda, tergantung dengan jasa usaha yang dilakukannya di koperasi. Informasi yang akan didapatkan setiap anggota berkaitan dengan laba koperasi adalah SHU total koperasi, persentase SHU anggota, total simpanan seluruh anggota, jumlah simpanan per anggota, total transaksi usaha (omzet) seluruh anggota, jumlah omzet per anggota, persentase SHU untuk simpanan anggota, dan persentase SHU transaksi usaha anggota. Laba koperasi yang diperoleh, dibagikan secara transparan di antara anggota koperasi. Besar SHU yang diterima setiap anggota sebanding dengan besarnya jasa usaha yang dilakukan masing-masing. Itulah yang membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya.

Baca juga : BISNIS CUCI MOBIL MENGGIURKAN? SIMAK ANALISANYA BERIKUT INI!

Software Koperasi

Software koperasi ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang sangat sesuai & relevan dengan pekerjaan sehari-hari anda dalam mengelola kegiatan simpan pinjam di koperasi. Berikut kami paparkan sedikit fitur yang terdapat dalam software pinjaman koperasi;

  • Form nasabah – fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai nasabah anda. Data yang dimuat dalam form nasabah ini diantaranya adalah; kode nasabah, nama, no ktp, alamat, jenis kelamin, no telp/hp, dan berbagai informasi pribadi lainnya.
  • Form buat tagihan nasabah – form ini berfungsi untuk membuat tagihan untuk nasabah
  • Laporan nasabah/anggota aktif – form ini berfungsi untuk melihat daftar nama anggota yang masih aktif
  • Laporan histori pembayaran piutang nasabah – form ini digunakan untuk melihat histori/rekap catatan nasabah yang membayar piutang
  • Laporan saldo piutang nasabah – form ini digunakan untuk melihat saldo piutang nasabah
  • Dll

Selain informasi di atas, tentunya masih banyak kemudahan yang akan anda peroleh dalam Program Koperasi kami. Kelebihan lain dari Software Koperasi kami adalah bisa membantu anda menjaga dan mengelola aset koperasi yang ada. Karena semua kekayaan bisnis dapat direkam dalam Aplikasi Koperasi yang kami buat. Sehingga anda sebagai pemilik/pengelola akan jauh lebih tenang dalam mengelola koperasi anda.

Dengan Software Koperasi ini, maka semua pengelolaan stok barang anda akan jauh lebih terukur dan mudah dalam pengecekan. Semua transaksi pembelian dan penjualan yang terjadi dalam bisnis anda akan jauh lebih terekapitulasi dengan baik. Sehingga anda akan sangat mudah mengeceknya.

>>> Download Demo Software Koperasi Gratis, Klik Disini <<<