KOPERASI PONDOK PESANTREN

KOPERASI PONDOK PESANTREN

Koperasi Pondok Pesantren – Koperasi bisa didirikan dimana saja. Salah satunya adalah Koperasi Pondok Pesantren yang tentunya didirikan di pondok pesantren sekitar. Selain sebagai salah satu dari upaya pembelajaran, koperasi yang didirikan di pondok pesantren juga bertujuan untuk memberikan kemudahan para penghuni pondok dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Koperasi Pondok Pesantren

software koperasi pondok pesantren

Program atau jenis usaha yang bisa dilakukan Koperasi Pondok Pesantren beraneka macam, diantaranya dapat berupa simpan pinjam, jual beli kebutuhan pokok, atau mengolah bahan mentah menjadi makanan siap saji. Program simpan pinjam dapat dilakukan para santriwan dan santriwati di pesantren sebagai bentuk lain dari menabung. Dan apabila mereka membutuhkan uang tersebut suatu saat, maka koperasi bisa memberikan simpanan mereka yang sudah mereka setorkan pada koperasi. Hal ini lebih efektif dalam hal penyimpanan uang karena para santri mungkin tidak bisa menyimpan uangnya sendiri dengan baik jika bukan di koperasi.

Koperasi Pondok Pesantren juga bisa menjual berbagai macam kebutuhan pokok santriwan dan santriwati. Hal ini tentu akan memberi kemudahan bagi santri serta tidak mengganggu proses belajar di pondok dibanding jika mereka harus bolak balik membeli kebutuhan di warung-warung sekitar pondok pesantren.

Selain program tersebut, Koperasi Pondok Pesantren juga bisa membuka usaha pengolahan bahan mentah dengan bahan baku tertentu. Misalnya saja jamur. Koperasi dapat mengolahnya menjadi berbagai macam jenis makanan yang berbahan dasar jamur dan kemudian dijual pada seluruh warga pesantren atau ke masyarakat di luar pesantren. Jika dapat mengelola koperasi ini dengan baik, tentu manfaat yang diperoleh pun semakin banyak.

Baca juga : TIPS MUDAH MENGELOLA LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG

Software Koperasi untuk Koperasi PonPes

Software koperasi merupakan program yang memiliki banyak sekali fitur-fitur yang sangat sesuai & relevan dengan pekerjaan sehari-hari anda dalam mengelola kegiatan simpan pinjam di koperasi. Berikut kami paparkan sedikit fitur yang terdapat dalam software pinjaman koperasi;

  • Form nasabah – fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai nasabah anda. Data yang dimuat dalam form nasabah ini diantaranya adalah; kode nasabah, nama, no ktp, alamat, jenis kelamin, no telp/hp, dan berbagai informasi pribadi lainnya.
  • Form buat tagihan nasabah – form ini berfungsi untuk membuat tagihan untuk nasabah
  • Laporan nasabah/anggota aktif – form ini berfungsi untuk melihat daftar nama anggota yang masih aktif
  • Laporan histori pembayaran piutang nasabah – form ini digunakan untuk melihat histori/rekap catatan nasabah yang membayar piutang
  • Laporan saldo piutang nasabah – form ini digunakan untuk melihat saldo piutang nasabah
  • Dll

Selain informasi di atas, tentunya masih banyak kemudahan yang akan anda peroleh dalam Program Koperasi kami. Kelebihan lain dari Software Koperasi kami adalah bisa membantu anda menjaga dan mengelola aset koperasi yang ada. Karena semua kekayaan bisnis dapat direkam dalam Aplikasi Koperasi yang kami buat. Sehingga anda sebagai pemilik/pengelola akan jauh lebih tenang dalam mengelola koperasi anda.

Dengan Software Koperasi ini, maka semua pengelolaan stok barang anda akan jauh lebih terukur dan mudah dalam pengecekan. Semua transaksi pembelian dan penjualan yang terjadi dalam bisnis anda akan jauh lebih terekapitulasi dengan baik. Sehingga anda akan sangat mudah mengeceknya.

>>> Download Software Koperasi Gratis, Klik Disini <<<