KEUNTUNGAN KOPERASI BAGI PARA ANGGOTANYA

KEUNTUNGAN KOPERASI BAGI PARA ANGGOTANYA

Keuntungan koperasi bagi anggotanya – setiap badan usaha tentu memiliki keuntungan dan kerugian. Hal ini juga berlaku pada koperasi. Banyak orang belum memahami keuntungan koperasi.

Apa yang dimaksud dengan keuntungan koperasi?

manajemen koperasi

Keuntungan yang di maksud di sini adalah keuntungan-keuntungan baik bagi anggotanya maupun sebagai bukan anggotanya. Sebagai anggota koperasi, keuntungan yang di dapat dengan adanya koperasi kebutuhan para anggota dapat diperoleh di koperasi. Dengan terpenuhinya kebutuhan anggota maka semakin meningkatlah kesejahteraan anggota koperasi. Dengan memajukan kesejahteraan anggotanya berarti koperasi juga memajukan kesejahteraan masyarakat dan memajukan tatanan ekonomi nasional.
Keseluruhan tujuan koperasi tersebut adalah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pengertian sederhananya:  bahwa koperasi bermanfaat bagi anggotanya.Manfaat paling utama adalah anggota dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya dengan adanya koperasi, anggota dapat meminjam uang pada koperasi untuk modal usaha.

Keuntungan Koperasi Bagi Anggotanya

keuntungan Koperasi

Manfaat koperasi bagi anggota tidak hanya memenuhi kebutuhan anggota. Jika kita menjadi anggota sebuah koperasi, maka kita akan memperoleh manfaat lain yakni:
a. Pada akhir tahun setiap anggota mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil Usaha (SHU)
b. Setiap anggota dapat berlatih berorganisasi dan bergotong royong
c. Setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab
Kuntungan-keuntungan sebuah koperasi yang di dapat masyarakat luas walaupun bukan sebagai anggotanya.Masyarakat dapat meminjam uang dari koperasi dengan syarat dan ketentuan yang tidak begitu rumit, berbeda dengan mereka yang meminjam uang di Bank yang terkadang syarat-syarat dan ketentuan yang di ajukan Bank cukup rumit.
Mereka yang meminjam uang di koperasi dapat terbebas dari rentenir yang meminjamkan uang dengan bunga sangat tinggi. Selain itu bagi masyarakat yang memiliki hasil produk tertentu dapat menjualnya di koperasi, demikian pula para petani di desa juga dapat terhindar dari Tengkulak (Orang yang membeli hasil panen dari para petani) yang membeli harga panen mereka dengan seenaknya. Bila para petani menjual hasil panannya kepada koperasi petani akan memperoleh harga yang sepadan dengan hasil panennya karena koperasi sangat lah memperhatikan dari segi kemanusiaan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koperasi memiliki peran yang besar di masyarakat. Jika banyak orang yang dapat mengambil kemanfaatan koperasi maka ekonomi masyarakat pun akan kuat. Oleh karena itu tak heran jika koperasi disebut sebagai soko guru atau tiang utama perekonomian di Indonesia.

>>> Download Software Koperasi Gratis, Klik Disini <<<