Jurnal Keuangan koperasi

Jurnal Keuangan koperasi

 

Dalam laporan keuangan koperasi serba usaha untuk laporan Penghitungan Hasil Usaha (PHU), memiliki format yang berbeda dengan format laporan rugi laba pada umumnya. Dalam format laporan penghitungan hasil usaha (rugi laba), harus ada pemisahan antara transaksi anggota dengan non anggota. Tidak semua software akuntansi koperasi dapat menerbitkan laporan PHU dengan memisahkan pendapatan dan beban pokok dari transaksi anggota dengan transaksi yang bukan dari anggota.

Salah satu kelebihan dari akuntansi koperasi Gplus, yaitu dapat memisahkan pendapatan dan beban pokok dari transaksi dengan anggota dan dari yang bukan anggota. Hal ini akan memudahkan dalam menerbitkan laporan keuangan, tanpa diperlukan pengolahan data lagi dalam Excel.

Dalam melakukan Jurnal penjualan, akuntansi koperasi Gplus memiliki dua level, yaitu level pertama (prioritas), dimana penentuan akun jurnal penjualan dapat ditentukan di setiap data pelanggan. Kemudian level kedua (default), akun jurnal penjualan ditentukan pada tiap master item.

Rapat Anggota Tahunan (RAT)

Setiap tahun koperasi diwajibkan menyelenggarakan RAT dalam rangka menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas pengelolaan dan pengawasan koperasi untuk tahun buku yang sudah berakhir.

Laporan keuangan koperasi adalah salah satu pokok laporan yang harus disampaikan oleh pengurus dan pengawas kepada anggota. Oleh karena itu fungsi laporan keuangan koperasi bagi pengurus dan pengawas sangat penting.

Jenis Laporan Keuangan Koperasi

Laporan keuangan koperasi terdiri dari:

  • Neraca
  • Laporan Perhitungan Hasil Usaha
  • Laporan Perubahan Ekuitas
  • Laporan Arus Kas

Laporan keuangan koperasi tersebut disajikan secara otomatis dan realtime dalam Software Koperasi TheKSP +

Jurnal Keuangan koperasi

Fungsi Penting dari Jurnal Keuangan koperasi

Masalah jurnal keuangan bukanlah sesuatu yang sepele untuk anda kerjakan. Jurnal keuangan ada yang memiliki skala kecil namun ada yang memiliki skala besar. Apabila anda salah dalam melakukan hal ini maka akan bisa berakibat fatal.

Jurnal keuangan koperasi tidak hanya membutuhkan skill finance yang terbaik dari pekerjanya tapi juga membutuhkan akurasi yang sangat dalam. Jurnal keuangan koperasi yang dibuat juga harus jelas dan tersusun dengan rapi. Apabila anda sudah terbiasa dalam membuat jurnal keuangan, tentunya anda akan bisa lebih teliti dalam menganalisa jurnal tersebut.

Selanjutnya, jurnal keuangan koperasi juga tentunya memiliki metode yang sama dengan ilmu administrasi lainnya.Akan tetapi jurnal ini nantinya akan bisa sangat berguna pada saat ada rapat. Biasanya dalam rapat tersebut akan membahas mengenai kondisi financial atau keuangan dari koperasi. Dengan mengetahui apa saja kondisi financial yang terjadi di koperasi saat ini melalui jurnal tersebut maka akan ada banyak sekali hal positif yang bisa didapatkan.

Kemudian, jurnal keuangan koperasi juga memiliki fungsi untuk merekap kondisi financial dari sebuah perusahaan setiap tahunnya. Alhasil, koperasi juga akan tau bagaimana perkembangan dari koperasi mereka saat ini. Semakin mereka mampu untuk mendapatkan kondisi keuangan yang baik maka koperasi bisa menjadi jaya. Inilah peran penting dari jurnal keuangan koperasi. Bisa dikatakan pula sebagai track record dari kondisi financial yang dimiliki oleh koperasi.

>>>COBA SOFTWARE KSP GRATIS KLIK DISINI<<<

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

joker123