4 Macam Koperasi Simpan Pinjam

4 Macam Koperasi Simpan Pinjam

Macam Koperasi Simpan Pinjam

Berikut Penjelasan Mengenai 4 Macam Koperasi Simpan Pinjam

Download Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam TheKSP Pro Gratis Klik Disini !!

CONTOH KOPERASI SIMPAN PINJAM / JENIS Macam KOPERASI SIMPAN PINJAM

1. Koperasi unit desa (KUD)

Koperasi unit desa atau KUD adalah salah satu jenis koperasi yang khusus didirikan di wilayah pedesaan. Koperasi ini berfungsi memenuhi kebutuhan anggotanya. Anggota biasanya berasal dari masyarakat desa yang masih kental menganut nilai kebersamaan dan gotong royong. Hal yang paling terlihat dari kegiatan KUD adalah menyediakan bahan dan alat pertanian yang dijual dengan harga terjangkau kepada para petani. Disamping itu, KUD juga melayani pinjaman dan menerima simpanan dari anggotanya.

2. Koperasi serba usaha (KSU)

Contoh lembaga koperasi simpan pinjam yang agak umum adalah KSU. Jika KUD khusus berada di wilayah pedesaan, KSU bisa terdapat di mana saja, terutama di kota besar. mengingat kebutuhan hidup kaum urban yang makin tinggi, eksistensi KSU sangat membantu pemenuhan kebutuhan tersebut, terutama dalam bidang pemodalan dan pengembangan usaha, selain itu juga untuk menabung dan pinjaman lunak lain. Di sisi lain, KSU juga membantu perkreditan membeli kebutuhan, misal kredit motor.

Baca Juga : 7 Prinsip Koperasi

3. Koperasi pasar

Contoh lembaga koperasi simpan pinjam yang satu ini tergolong unik. Keberadaan koperasi pasar memiliki beberapa manfaat diantaranya sebagai pemersatu guyub pedagang pasar dan afiliasinya termasuk penarik becak dan kuli panggul, sebagai sarana simpan pinjam modal dan hasil usaha, dan juga sebagai sarana penyedia kebutuhan usaha seperti menjual kebutuhan pokok untuk para pedagang dengan harga murah yang kemudian dijual kepada konsumen.

4. Koperasi kredit

Jenis koperasi ini dikelola dan dimanfaatkan sendiri oleh anggotanya yang bertujuan mensejahterakan anggota. Jadi ini semacam arisan tapi sifatnya tidak wajib. Anda bisa melakukan simpan pinjam kapan saja.

Itulah sedikit ulasan tentang 4 Macam koperasi simpan pinjam, semoga bisa dijadikan sebagai bahan rujukan makalah koperasi simpan pinjam.

Download Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Gratis Klik Disini !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *