Transaksi Pemindahan Kas

Transaksi Pemindahan Kas

Sekarang ini teknologi sudah semakin maju. Dengan kemajuan teknologi tentunya mempermudah kegiatan manusia. Jika dulu kita masih harus berkirim surat jika ingin menanyakan kabar kerabat yang jauh, kini dengan adanya handphone membuat jarak menjadi semakin dekat.

Jika dulu harus melalui wesel pos jika ingin mengirim sejumlah uang ke kerabat, kini sudah ada teknologi lebih canggih yang memudahkan dalam melakukan transaksi pemindahan kas atau uang tunai.

Menu Akuntansi Pada Software Koperasi Simpan Pinjam

 

Dengan adanya bank, kita hanya perlu mengecek rekening tabungan jika ada yang mentransfer sejumlah uang pada akun rekening kita. Transaksi pemindahan kas atau transfer mentransfer uang melalui bank ini pun semakin mudah untuk dilakukan.

Bahkan dengan adanya kartu ATM yang berkembang pesat sekarang ini, kita tidak perlu mengirim uang secara langsung melalui pos jika ingin melakukan transaksi jarak jauh. Kita hanya perlu memencet beberapa tombol di mesin ATM dan transaksi pemindahan kas atau uang tunai ini pun selesai.

Baca Juga : Cara Mudah Mempelajari Neraca Keuangan Perusahaan

Selain kemudahan yang diperoleh dengan adanya bank dan sistem ATM ini, keamanan penyimpanan uang di Bank juga lebih terjamin. Berapa pun jumlah uang yang dimiliki, Bank akan menyimpankannya untuk Anda dengan aman. Meski demikian, kini juga telah marak kejahatan yang menggunakan modus transaksi pemindahan kas atau meminta transfer sejumlah uang dengan penipuan-penipuan yang direkayasa. Untuk itu Anda harus berhati-hati dalam menggunakan akun tabungan Anda dan jangan mudah percaya dengan penawaran-penawaran yang berbau penipuan.

Transaksi Pemindahan Kas

Transaksi ini merupakan transaksi pemindahan dana antar kas atau bank perusahaan sendiri. Transaksi ini bisa diibaratkan dengan memindahkan uang dari saku kanan ke saku kiri. Tidak ada perubahan didalam laporan Neraca. Untuk mencatat transaksi ini bisa dilakukan dari 4 menu yang berbeda, dan dipilih salah satu :

1. Accounts – Transfer Money : pemindahan dana tanpa ada biaya.\

2. Accounts – Record Journal Entry : layaknya membuat jurnal memorial.

3. Banking – Spend Money : dilihat dari sisi pengeluaran dana.

4. Banking – Receive Money : dilihat dari sisi penerima dana.

Dari keempat cara diatas penulis menyarankan menggunakan langkah cara pertama. Kalau cara pertama tidak bisa dilakukan dikarenakan transaksi mata uang asing pengguna MYOB Premier, maka bisa menggunakan cara ketiga yaitu dari Banking Spend Money. Berikut ini diberikan contoh 4 transaksi pemindahbukuan dana antar kas danbank yang berbeda dan diselesaikan dengan menu yang berbeda. 8 Aug 2010 Setor tunai ke Rekening BCA perusahaan Rp. 4.000.000,- 9 Sep 2010 Setor tunai ke Rekening Bank Mandiri Rp. 5.000.000,- biaya administrasi setoran bank Rp. 5.000,- 10 Oct 2010 Ambilan tunai dari BCA ke Kas Perusahaan Rp. 7.000.000,- 11 Nop 2010 Pindah dana dari cek BCA perusahaan Rp. 10.000.000,- ke Bank Mandiri. Biaya kliring pemindahan dana Rp. 5.000,- 7.3.1 Accounts | Transfer Money Dengan modul ini memiliki kelebihan yaitu bisa mengetahui saldo kasbank sebelum dan sesudah di pindah bukukan. Tetapi transaksi yang sudah di simpan melalui modul ini tidak bisa di edit ubah kembali. Jika terjadi kesalahan harus menghapus transaksi tersebut lalu mencatat transaksi baru. Menu ini bisa digunakan hanya untuk mata uang lokal saja dan tidak ada biaya administrasi pemindahan yang dibayarkan. administrasi.

5. Memo : ketik keterangan jurnal di buku besar nantinya.

6. Current BalanceAfter Balance : informasi saldo sebelum pemindahan dana dan setelah pemindahan dana daru kedua akun kasbank diatas.

7. Ctrl R : untuk melihat efek jurnal.

8. Record : untuk menyimpan transaksi.  7.17 Accounts | Transfer Money 7.3.2 Accounts | Record Journal Entry. 1. Date : tanggal transaksi setoran tunai ke Bank Mandiri. 2. Memo : ketik keterangan jurnal di buku besar nantinya. 3. Acc : Account Debit Bank Mandiri Credit : Kas. 4. DebitCredit : nilai transaksi. 5. Record : untuk menyimpan transaksi. Gambar 7.18 Accounts | Record Journal Entry | Setoran Tunai ke Bank Mandiri 7.3.3 Banking | Spend Money Gambar7.19 Banking | Spend Money | Ambilan Dana dari Bank penerima dana. Akun ini bisa diisikan lebih dari satu baris akun. Jika terdapat biaya administrasi bisa dicari akun biaya administrasi yang sesuai. 7. Amount : isikan jumlah yang diterima. 8. Ctrl R : untuk melihat jurnal. 9. Record : untuk menyimpan transaksi. 7.3.4 Banking | Receive Money Gambar 7.20 Banking | Receive Money | Pemindahan Dana Antar Bank adanya potongan biaya administrasi. 4. Memo : keterangan jurnal di buku besar. 5. Account : pilih akun bank yang mengeluarkan dana penuh dan akun biaya bank administrasi untuk baris kedua. 6. Amount : isikan jumlah yang dikeluarkan bank yang mengeluarkan cek sebesar nilai cek yang ada. Untuk baris kedua isikan biaya administrasi dengan nilai minus. 7. Ctrl R : untuk melihat efek jurnal. 8. Record : untuk menyimpan transaksi.

>>>Coba SOFTWARE KSP GRATIS KLIK DISINI<<<

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

joker123