Syarat – Syarat Pendirian Koperasi Primer

Download Software Koperasi Simpan Pinjam

Syarat Pendirian Koperasi Primer

Koperasi adalah suatu organisasi keuangan yang dijalankan oleh beberapa orang secara bersama-sama dengan landasan prinsip kekeluargaan dengan suatu tujuan tertentu yang ingin dicapai. Pendirian sebuah koperasi tidak bisa sembarangan, karena ada syarat-syarat pendirian koperasi primer itu sendiri.

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Koperasi pada umumnya dibagi atas berbagai macam dan jenis koperasi tergantung dengan fungsi dan tujuan pembentukanya.

VIDEO TUTORIAL SOFTWARE APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KLIK DISINI, GRATIS !!!

Koperasi biasanya terbentuk tergantung dari kondisi dan kebutuhan dari lingkungan sekitar dimana koperasi tersebut akan didirikan. Berkembang atau tidaknya koperasi tersebut biasanya tergantung dari tingkat perkembangan perekonomian di daerah tersebut. Jika perkembangan perekonomian di daerah tersebut cukup meningkat dan menunjukan grafik yang cukup meningkat maka dapat dipastikan bahwa koperasi tersebut juga akan berkembang dengan pesat. Perkembangan dan berjalannya suatu koperasi seperti memiliki hubungan saling ketergantungan dengan lingkungan sekitar tempat dimana koperasi ini didirikan.

Koperasi primer adalah koperasi yang memiliki cakupan area yang kurang begitu luas. Selain itu, Koperasi primer juga merupakan koperasi yang pendirinya bersifat perseorangan. Gabungan dari beberapa koperasi primer biasa disebut dengan koperasi sekunder. Koperasi sekunder pada umumnya merupakan  gabungan dari beberapa koperasi primer yang memiliki jenis dan prinsip koperasi yang sama. Cakupan kerja dari koperasi sekunder biasanya lebih luas, hal ini dikarenakan koperasi sekunder merupakan gabungan dari beberapa koperasi.

Syarat pendirian koperasi primer antara lain:

  1. Koperasi primer harus memiliki minimal 20 orang anggota di dalamnya sebelum operasional maupun saat operasional berlangsung.
  2. Pendiri koperasi primer haruslah Warga Negara Indonesia
  3. Pendiri koperasi primer haruslah seseorang yang faham tentang hukum.
  4. Usaha-usaha yang dilakukan oleh koperasi tersebut harus layak menurut nilai-nilai ekonomi
  5. Modal awal pendirian koperasi harus cukup dan sesuai dengan usaha yang akan dijalankan oleh koperasi tersebut.

Download Software Pendidikan, Kesehatan, dan Koperasi Gratis Klik Disini !!