Syarat Menjadi Pengurus Koperasi

Syarat Menjadi Pengurus Koperasi

Syarat Menjadi Pengurus Koperasi – Pengurus memperoleh wewenang dan kekuasaan dari hasil keputusan Rapat Anggota, dan melaksanakan seluruh keputusan Rapat Anggota guna memberikan manfaat pada anggota. Sebagaimana dicantumkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia No.25 tahun 1992 tentang perkoperasian pasal 30, tugas-tugas pengurus koperasi adalah sebagai berikut :

  Mengelola koperasi dan usahanya. Sebagai pihak yang dipercaya oleh Rapat Anggota untuk mengelola organisasi dan usaha koperasi, Pengurus Koperasi harus berusaha menjalankan semua kegiatan dan rencana kerja yang telah disepakati oleh Rapat Anggota.

  1. Mengajukan rancangan Rencana Kerja serta rancangan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPBK). Sebagai pengeola usaha koperasi, pengurus Koperasi harus memiliki wawasan bisnis yang cukup luas.
  2. Menyelenggarakan Rapat Anggota. Sebagai pengelola organisasi koperasi, pengurus koperasi antara lain harus mampu menyelenggarakan Rapat Anggota Koperasi dengan sebaik-baiknya.
  3. Mengajukan laporan keuangan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas. Sebagi pengelola organsasi dan usaha koperasi, Pengurus memiliki kewajiban untuk mempertanggungjawabkan kepengurusannya kepada Rapat Anggota.
  4. Menyelenggarakan pembukuan keuangan dan inventaris secara tertib.
  5. Memelihara daftar buku anggota dan pengurus. Salah satu ukuran organisasi yang sehat adalah terselenggaranya administrasi yang teratur dan sistematis.

Selain itu pengurus juga mempunyai tugas-tugas lain seperti yang disebutkan dalam meningkatkan pelayanan  kepada anggota koperasi dan masyarakat, mendelegasikan tugas kepada manajer, meningkatkan pengetahuan perangkat pelaksanaan dan anggota koperasi, meningkatkan penyuluhan dan pendidikan kepada anggota, mencatat mulai dari sampai dengan berakhirnya masa jabatan Pengawas dan Pengurus, serta mencatat masuk dan keluarnya Anggota Koperasi. Dalam pasal 30 UU RI No. 25 tahun 1992 juga disebutkan wewenang-wewenang Pengurus Koperasi. Wewenang-wewenang tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Mewakili koperasi baik di dalam maupun di luar koperasi sesuai dengan keputusan Rapat Anggota. Sedangkan Anggota Pengurus tidak berwenang mewakili Koperasi apabila :
  2. a)Terjadi perkara di depan pengadilan antara Koperasi dengan Anggota Pengurus yang bersangkutan; atau
  3. b)Anggota Pengurus yang bersangkutan mempunyai kepentingan yang bertentangan dengan kepentingan Koperasi
  4. Memutuskan penerimaan dan penolakan anggota baru, serta pemberhentian anggota koperasi sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Anggaran Dasar-Anggaran Rumah Tangga Koperasi
  5. Melakukan tindakan hukum dan atau upaya lain bagi kepentingan dan kemanfaatan koperasi sesuai dengan tanggungjawabnya dan keputusan Rapat Anggota
  6. Mengangkat dan memberhentikan karyawan sesuai dengan peraturan perundang-undangan

Apakah Anda ingin mengetahui bagaimana cara memilih pengurus koperasi? Dalam memilih pengurus bukanlah hal yang mudah. Namun jika Anda merupakan ketua pengurus koperasi akan lebih baik jika Anda menetapkan syarat pengurus koperasi.

Syarat Menjadi Pengurus Koperasi

Adapun Syarat Menjadi Pengurus Koperasi yaitu

  1. Apabila memiliha pengurus koperasi hendaklah di pilih yang bertanggung jawab mengenai pekerjaan yang akan di pegang. Tanggung jawab meliputi kerapian, kejujuran dan juga ketepatan mengerjaan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya.
  2. Bekerja dengan datang tepat waktu harus di perhatikan dalam menjadikan syarat pengurus koperasi. Seseorang yang datang tepat waktu akan membantu untuk mendisiplinakan kepribasian Anda.
  3. Syarat berikutnya yang perlu di lihat adalah pengalaman mengenai tugas yang akan di berikan. Jika Anda memilih seseorang yang duag berpengalaman maka tak perlu lagi di ajari banyak hal mengenai tanggung jawab. Untuk orang yang telah berpengalaman telah di ketahui mengenai tugas yang harus di kerjakan menurut tugas dan juga jabatannya.
  4. Pengurus koperasi juga haruslah mengetahui mengenai tugas yang akan di embankan kepadanya. Hal ini sangat penting di ketahui agar semuanya dapat di selesaikan dengan mudah dan juga tepat waktu. Anda dapat memilih pengurus yang berpengalaman agar tak hanya dapat mengurusi pekerjaan dengan beres juga dapat mengajarkan pekerjaaan tersebut kepada pengurus yang masih baru.

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!