SYARAT MENDIRIKAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN MUDAH

Syarat Mendirikan Koperasi – Sebelum kita masuk ke topik utama mari kita bahasa apa koperasi itu sendiri. menurut Wikipedia Koperasi adalah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang – orang demi kepentingan bersama. sebelum membuka bisnis koperasi simpan pinjam ada beberapa syarat atau prosedur yang harus diketahui. berikut adalah beberapa syarat untuk mendirikan koperasi simpan pinjam dengan mudah.

>>>DOWNLOAD SOFTWARE GRATIS KLIK DISINI<<<

syarat mendirikan koperasi

 

SYARAT MENDIRIKAN KOPERASI DENGAN MUDAH.

BACA JUGA JENIS JENIS KOPERASI BEDASARKAN USAHANYA.

1.PERSIAPAN :  Sudah menjadi hal yang diutaman, sebelum mendirikan organisasi sebuah persiapan adalah hal yang sangat penting. terutama persiapan bagaimana koperasi akan dikelola, pengetahuan tentang koprasi, manajemen, dan juga kegiatan usaha koperasi.

2.RAPAT PEMBAHASAN : Rapat ini bertujuan untuk membahas beberapa hal sebelum mendirikan koperasi antara lain adalah mententukan ketua koperasi, pengurus koperasi, pengawas koperasi, menentukan tujuan koperasi, dll.

3.PEMBUATAN AKTA DAN PERMOHONAN KOPERASI  : Dalam pembuatan akta koperasi sebaiknya mengundang pejabat atau notaris untuk mendampingi pembuatan akta. dan setelah pembuatan akta pendiri berserta notaris mengajukan pengesahan tertulis dengan pejabat yang berwenang dna melampirkan berkas berkas syarat pendirian koperasi.

Ada juga syarat dan Kelengkapan Administrasi yang harus dipenuhi. dalam mengajukan permohonan syarat administrasi ini juga harus dipenuhi. syarat syarat ini umumnya surat surat atau dokumen yang menerangkan pembentukan koperasi serta pengurus yang dibentuk. Syarat syarat administrasi yang harus disiapkan dan dilampirkan jika ingin mendirikan koperasi simpan pinjam antara lain :

– Akta Koperasi : yang pertama adalah adanya akta pembentukan koperasi.

– Acara Pembentukan : Dalam rapat pembentukan koperasi penting untuk menentukan tanggal acara pembentukan koperasi, karna merupakan salah satu syarat untuk mendirikan koperasi.

– Surat Penyetoran : Sebagai koperasi yang berperan dalam permodalan, tentu saja Koperasi Simpan Pinjam yang dibentuk harus memiliki modal awal yang stabil. Oleh karena itu wajib melampirkan bukti adanya penyetoran modal sendiri. Jumlah setoran modal ini biasanya minimal Rp. 15.000.000;

Itu adalah syarat syarat utama admisnistrasi adapun hal lainya dalam syarat administari adalah Neraca Awal , Foto Copy KTP masing masing pendiri, dan daftar riwayat hidup, juga surat pernyataan tidak memiliki hubungan dengan kekerabatan dari pengelola/manajer koperasi simpanan.

 

>>>DOWNLOAD SOFTWARE PENGELOLA KOPERASI SIMPAN PINJAM <<<