Syarat Koperasi Pinjaman

Syarat Koperasi Pinjaman – Banyak orang ingin memulai sebuah usaha namun sejauh ini yang kendala paling utama masyarakat adalah keterbatasan modal.

Koperasi Pinjaman

Saat ini banyak sekali solusi untuk menangani masalah keterbatasan modal ini karena banyak sekali fasilitas yang menyediakan solusi peminjaman dana untuk modal usaha. Salah satunya adalah bank.

Hanya saja, sebagai pemula tentu Anda tidak memiliki usaha apapun untuk dijadikan jaminan pinjaman ataupun tidak memiliki harta yang cukup berharga untuk diajukan ke pihak bank sebagai jaminan.

koperasi pinjaman

Meminjam kepada sanak saudara atau teman lebih tidak mungkin lagi dan belum tentu juga perusahaan tempat Anda bekerja akan menyetujui permohonan pinjaman dengan alasan untuk modal usaha karena banyak perusahaan yang memiliki kebijakan bahwa karyawannya tidak diizinkan memiliki pekerjaan sampingan.

Jadi apakah tidak ada solusi lain? Tentu saja ada yaitu dalam bentuk koperasi pinjaman atau koperasi simpan pinjam.

Koperasi ialah suatu badan usaha yang memang didesain untuk pro pada rakyat sehingga memungkinkan Anda meminjam uang untuk modal usaha tanpa jaminan namun bukan berarti tanpa syarat.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk meminjam uang dari koperasi simpan pinjam:

Baca juga : CARA MENGONTROL STOK BARANG DAGANG DENGAN TEPAT & CEPAT

Memahami Syarat Koperasi Pinjaman

1. Memilih Koperasi Simpan Pinjam

Lebih baik memilih koperasi yang memang sudah memiliki reputasi dan lebih baik lagi jika koperasi tersebut berada di lingkungan Anda dan dikelola oleh orang-orang yang memang sudah Anda kenal atau percaya.

Tapi jika tidak adapun tidak masalah yang penting koperasi yang Anda pilih sudah memiliki reputasi yang baik dimata para anggotanya.

2. Memenuhi Syarat Sebagai Anggota Koperasi

Yang perlu Anda catat adalah untuk meminjam uang dari koperasi adalah Anda harus menjadi anggota koperasi tersebut.

Tidak masalah jika tujuan Anda bergabung ke koperasi tersebut adalah memang untuk meminjam uang karena memang untuk itulah koperasi pinjaman dibentuk. Tapi tentu saja Anda harus memenuhi syarat-syaratnya seperti:

  • WNI
  • Bergabung ke koperasi atas nama pribadi atau perorangan
  • Bersedia membayar simpanan pokok dan wajib yang sudah ditetapkan
  • Membaca, memahami dan menyetujui Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga Koperasi beserta ketentuan lain yang sudah menjadi ketetapan koperasi.

Jika keempat syarat diatas sudah terpenuhi maka Anda bisa mengajukan kepada koperasi untuk menjadi anggotanya. Setelah itu baru melangkah pada proses pengajuan proposal pinjaman uang untuk modal usaha.

3. Prosedur Pengajuan Pinjaman

Jika Anda sudah memenuhi persyaratan sebagai anggota koperasi pinjaman tidak sama artinya dengan Anda memenuhi persyaratan untuk pengajuan peminjaman karena kedua hal tersebut berbeda.

Adapun syarat-syarat yang harus Anda penuhi ketika ingin mengajukan proposal peminjaman adalah:

  • Sudah berstatus anggota
  • Bersedia mengisi formulir pinjaman yang sudah disediakan oleh pihak koperasi
  • Jika Anda sudah berkeluarga sertakan pula foto kopi KTP Anda dan istri Anda sebagai syarat pinjaman mutlak bahwa pinjaman yang Anda ajukan juga sudah berdasarkan sepengetahuan istri Anda.
  • Selain foto kopi KTP, Anda juga harus menyerahkan foto kopi KK
  • Selanjutnya adalah Anda juga harus menyertakan foto kopi slip gaji bulan terakhir dan rekening listrik.
  • Mengajukan proposal dengan isi yang jelas tentang tujuan peminjaman uang misalnya untuk modal usaha.
  • Setelah itu pihak koperasi akan memutuskan apakah proposal tersebut diterima atau tidak.
  • Jika sudah diterima maka akan dibuatkan akad pinjaman koperasi yang nantinya berisi tentang jumlah pinjaman dan jangka waktu serta sistem pengembalian uang.
Promo Software KSP
Promo Software KSP

Satu hal lagi yang perlu Anda pahami ketika meminjam uang dari koperasi adalah sistem perhitungan bunga pinjamannya. Tidak seperti bank, koperasi menawarkan beberapa macam sistem perhitungan bunga pinjaman seperti:

  • Bunga Flat: bunga pinjaman yang ditagihkan akan sama jumlahnya setiap bulan.
  • Bunga Menurun: semakin kecil jumlah pinjaman semakin kecil juga bunganya.
  • Bunga Menurun Efektif: perhitungan bunga dihitung dengan persentase tetap tetapi disesuaikan dengan sisa saldo setiap bulannya.
  • Bunga Anuitas: sistem ini sama seperti sistem perhitungan pada produk KPR.

Walaupun meminjam uang dari koperasi pinjaman tidak memerlukan jaminan seperti pinjaman di bank tapi bukan berarti syarat-syarat yang ditawarkan bisa dipandang sebelah mata.

Pemilihan sistem bunga pinjaman yang tepat pun harus menjadi pertimbangan utama Anda agar sama-sama menguntungkan baik bagi pihak koperasi ataupun Anda sebagai anggota.

>>> Download Software Koperasi Gratis, Klik Disini <<<