Rekapitulasi Simpanan Koperasi

Download Software Koperasi Simpan Pinjam

REKAPITULASI SIMPANAN MANFAAT DAN TUJUANNYA

Tujuan rekapitulasi
Rekapitulasi simpanan koperasi merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan oleh suatu badan usaha tertentu. Koperasi adalah salah satu jenis badan usaha yang bergerak dibidang simpan pinjam dan jasa.
Tujuan dari rekapitulasi untuk mengetahui banyaknya detail simpanan berupa uang atau barang dalam satu periode tertentu.
Aktivitas rekapitulasi
Dalam menjalankan aktivitas rekapitulasi simpanan, tidak dapat dilakukan secara sembarangan, harus dilakukan secara detail dan terperinci. Rekapitulasi dapat dilakukan harian, mingguan, dan bulanan. Agar mudah dalam melakukan rekapitulasi simpanan, maka yang harus dilakukan adalah kegiatan pencatatan nama pemilik simpanan anggota, tanggal penyimpanan, jenis simpanan anggota apakah berupa simpanan wajib, simpanan pokok maupun simpanan sukarela, detail besaran nilai simpanan yang dimiliki setiap anggota, bentuk simpanan anggota berupa uang tunai atau barang, penentuan nilai keuntungan sisa hasil usaha yang dapat diperoleh oleh anggota.
Manfaat
Anggota Koperasi akan menjadi profesional apabila mampu menjalankan fungsi rekapitulasi simpanan dengan baik. Kepercayaan terhadap transparansi pengelolaan simpanan anggota akan membuat koperasi semakin produktif dalam menjalankan usahanya, karena sifat koperasi yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan dan kesejahteraan seluruh anggota secara bersama-sama, disamping itu nilai simpanan wajib dan simpanan pokok dapat secara bertahap dinaikkan sehingga nilai investasi dari setiap anggota akan meningkat dan sisa hasil usaha yang diperoleh anggota turut meningkat pula.