Perangkat-perangkat Koperasi

Perangkat perangkat Koperasi – Secara bahasa, koperasi berasal dari dua suku kata bahasa inggris, yaitu ‘co‘ dan ‘operation‘. Co berarti bersama, dan operation berarti bekerja. Sehingga dapat diartikan co-operation (koperasi) adalah melakukan pekerjaan secara bersama (gotong-royong).

Secara istilah, pengertian koperasi adalah badan usaha yang memiliki anggota orang atau badan hukum yang didirikan dengan berlandaskan asas kekeluargaan serta demokrasi ekonomi. Koperasi merupakan produk ekonomi yang kegiatannya menjadi gerakan ekonomi kerakyatan, dan berjalan dengan prinsip gotong-royong.

Perangkat Perangkat Koperasi

perangkat-perangkat koperasi

Menurut Undang-Undang No. 25 Tahun 1992, koperasi adalah badan usaha yang berang gotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya ber dasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan dan gotong royong.

Adapun perangkat-perangkat koperasi ialah rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Berikut penjelasannya:

1.Rapat Anggota

Rapat anggota merupakan kunci dari keberhasilan koperasi. Rapat anggota memegang kekuasaan tertinggi dalam organisasi koperasi. Tugas dan peran rapat anggota antara lain:

  • Menetapkan AD/ART organisasi;
  • Memilih, mengangkat, dan memberhentikan pengurus;
  • Menetapkan pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU);
  • Menetapkan atau mengesahkan rencana kerja serta anggaran penda patan dan belanja organisasi;
  • Menetapkan penggabungan, pemecahan, dan pembubaran organisasi;
  • Memberikan penilaian terhadap pertanggungjawaban pengurus

2. Pengurus

Pengurus yang telah menerima pelimpahan wewenang dari anggota atau mewakili anggota-anggota dalam pengelolaan koperasi, harus mampu menjabarkan kebijakan dan keputusan yang telah diambil dalam rapat anggota. Pengurus memiliki tang gung jawab untuk mengamankan dan melindungi kepen tingan anggota. Tugas dan tanggung jawab pengurus, antara lain:

  • Mengelola koperasi dan usahanya;
  • Mengajukan rencana kerja dan merencanakan anggaran dan belanja koperasi;
  • Menyelenggarakan rapat anggota;
  • Mengajukan laporan keuangan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas;
  • Menyelenggarakan pembukuan keuangan dan inventaris secara sistematis;
  • Mengoordinasikan keputusan rapat anggota;
  • Melindungi semua kekayaan organisasi;
  • Menjaga kelangsungan usaha organisasi.

3. Pengawas

  • Pengawas memiliki tugas dan wewenang, antara lain:
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan pengelolaan koperasi;
  • Membuat laporan tertulis tentang hasil pengawasannya;
  • Meneliti catatan yang ada pada koperasi;
  • Mendapatkan segala keterangan yang diperlukan.

Aplikasi Koperasi ITBrain Indonesia

Aplikasi Koperasi adalah software koperasi yang dirancang khusus untuk membantu kegiatan operasional koperasi secara terpadu, real time, dan akurat yang memiliki fitur lengkap untuk memudahkan anda dalam mengelola transaksi keuangan koperasi, seperti; memudahkan pengerjaan laporan keuangan dalam waktu singkat, menghindari human error (kesalahan perhitungan), seluruh proses berjalan otomatis, hanya dengan input & klik. Serta mengetahui kondisi keuangan koperasi setiap saat secara real time.

Aplikasi koperasi sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena dengan Software ini, anda akan lebih mudah dalam pembuatan laporan keuangan koperasi secara efektif dan efisien. Setiap badan koperasi tentu membutuhkan laporan keuangan seperti neraca, laba rugi, buku besar, jurnal, dan laporan-laporan lainnya yang tentunya membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Sebelum ada software, pembukuan perusahaan dibuat dengan manual. Tentunya ini akan sangat menyita waktu dalam pembuatan laporan koperasi yang berjalan setiap menitnya. Untuk menghindari permasalahan tersebut, kini ada solusi yang lebih cepat dan efisien. Yakni menggunakan Aplikasi Koperasi yang tentu lebih membantu daripada metode manual

Baca juga : 3 PERAN PENTING UMKM, PENGGERAK SEKTOR EKONOMI INDONESIA

Kegunaan dan Manfaat Software Koperasi diantaranya adalah:

  1. Memudahkan pembuatan Laporan Keuangan dan tidak memakan waktu lama
  2. Laporan dapat langsung dilihat begitu anda input ke dalam sistem
  3. Meminimalkan kesalahan perhitungan, karena perhitungan sudah otomatis dilakukan sistem
  4. Terintegrasi dengan satu sama lain, antara akunting, penjualan, pembelian, gudang, bahkan bisa dilihat secara online dari luar kantor atau lain cabang.
  5. Kerja hanya satu kali, dan bagiannya masing-masing saja. Karena dengan software, semua akan saling terintegrasi.
  6. Hemat waktu dan biaya, anda dapat melihat apa yang dikerjakan bagian lain secara langsung sesuai dengan otorisasi yang diberikan.

ITBrain Indonesia menyediakan berbagai Software Keuangan yang dapat membantu anda dalam mempermudah pekerjaan anda. Selain itu, software akuntansi kami memiliki tampilan yang sangat sederhana serta menggunakan Bahasa Indonesia, dimana anda akan merasa lebih cepat dan mudah dalam mengoperasikannya.

perangkat-perangkat koperasi

Nah, masih ingin membuat laporan dengan cara manual, atau yang lebih cepat, akurat dan efisien? Gunakan Software Akuntansi kami untuk laporan keuangan perusahaan yang lebih akurat!

Download Aplikasi Koperasi Gratis, Klik Disini !!!