Peran Koperasi Ditinjau dari Segi Ekonomi dan Segi Sosial

Peran Koperasi Ditinjau dari Segi Ekonomi dan Segi Sosial –  Koperasi merupakan perserikatan yang bertujuan untuk memenuhi keperluan kebendaan para anggotanya dengan cara menjual barang-barang kebutuhan dengan harga murah dan tidak bermaksud untuk mencari untung.

Koperasi memiliki peranan menyejahterakan serta mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Peranan koperasi dapat ditinjau dari dua segi, yaitu segi ekonomi dan segi sosial.

Peran Koperasi Ditinjau dari Segi Ekonomi dan Segi Sosial

peran koperasi dari segi ekonomi dan segi sosial

Peranan ekonomi dari koperasi adalah :

1. Peranan Ekonomi

  1. Membantu para anggotanya untuk meningkatkan penghasilan sehingga kemakmuran pun meningkat.
  2. Menciptakan lapangan kerja.
  3. Mempersatukan dan mengembangkan daya usaha dari orang-orang, baik perorangan maupun masyarakat.
  4. Ikut meningkatkan taraf hidup rakyat.
  5. Menyelenggarakan kehidupan ekonomi secara demokratis.
  6. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menyejahterakan kehidupan ekonomi dan sosialnya.
  7. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai sokogurunya.

Baca juga : PROSES AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG YANG HARUS DIPELAJARI PENGUSAHA

2. Peranan Sosial

Watak sosial koperasi memberikan arti yang penting bagi usaha untuk mengembangkan kegiatan koperasi dengan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi warga masyarakat yang belum menjadi anggota untuk ikut berpartisipasi. Watak sosial koperasi seperti itu menciptakan suatu kesempatan bagi koperasi untuk menampilkan peranan sosialnya dalam masyarakat sebagai berikut.

  1. Mendidikan para anggotanya untuk secara bersama-sama menyelesaikan masalahnya sendiri serta membuka kesempatan secara bersama untuk membangun kehidupan ekonominya masing-masing.
  2. Menumbuhkan semangat kerja sama serta cinta terhadap sesama umat manusia yang bersumber pada kewajiban partisipasi dari para anggota sesuai dengan kemampuan masing-masing.
  3. Menanamkan penggunaan ukuran berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dan pendekatan secara manusiawi dan bukan nilai uang atau kebendaan.
  4. Memungkinkan terlaksananya usaha pembentukan warga negara yang baik bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat.
Promo Software KSP
Promo Software KSP

Tujuan akhir koperasi adalah untuk mencapai tingkat penghidupan yang lebih baik, dengan organisasi koperasi memegang peranan utama dalam struktur perekonomian masyarakat, sedangkan organisasi ekonomi nonkoperasi masih tetap dibiarkan berjalan namun tidak lagi memegang peranan penting dalam sistem perekonomian masyarakat.

>>> Download Aplikasi Koperasi Gratis, Klik Disini !!! <<<