Pengertian Ad Art Koperasi Itu Sendiri

Download Software Koperasi Simpan Pinjam
Sama seperti dengan organisasi-organisasi lainnya, Koperasi mempunyai peraturan-peraturan dalam menjalankan kegiatannya. Peraturan-peraturan ini ada yang bersifat umum dan ada yang bersifat khusus. Peraturan yang bersifat umum dalam Koperasi disebut Anggaran Dasar, sedangkan peraturan yang rinci bersifat khusus disebut Anggaran Rumah Tangga.

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Pengertian ad art koperasi

Pengertian ad art koperasi adalah merupakan keseluruhan darai rangkaian aturan yang mengatur secara langsung jalanya kehidupan dalam koperasi dan juga mengatur tentang hubungan antara koperasi sebagai organisasi dengan para anggotanya.Ad/art merupakan bagian penting dari proses pembentukan organisasi koperasi yang Keberadaan AD/ART sama pentingya dengan pemahaman prinsip dan nilai koperasi hanya saja secara struktur AD/ART adalah perangkat organisasi.

VIDEO TUTORIAL SOFTWARE APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KLIK DISINI, GRATIS !!!

AD atau Anggaran Dasar dapat diartikan sebagai tata tertib, dan ART atau Anggaran Rumah Tangga / Pengertian ad art koperasi adalah dasar dari pengelolaan koperasi yang di dalamnya terdapat macam-macam poin yaitu :

  • Daftar dari nama-nama pendiri koperasi
  • Nama Koperasi dan tempat kedudukan dari koperasi
  • Maksud dan tujuan serta terdapat juga  bidang usaha yang dijalankan
  • Ketentuan yang menyangkut keanggotaan
  • Ketentuan mengenai pelaksanaan rapat anggota
  • Ketentuan mengenai bagaimana pengelolaan koperasi
  • Ketentuan  permodalan Koperasi
  • Ketentuan mengenai jangka waktu
  • Ketentuan mengenai cara pembagian SHU
  • Ketentuan sanksiterhadap pelanggaran

Penyusunan anggaran dasar koperasi harus teliti dan berpegang teguh terhadap ketentuan-ketentuan berlaku dan tidak boleh bertentangan dengan undang-undang, khususnya pada Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian dan peraturan pelaksanaannya, serta tidak boleh berlawanan dengan kepentingan dan kebutuhan mereka bersama.

Anggaran Dasar Koperasi adalah peraturan dasar tertulis yang memuat keterangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Anggaran dasar koperasi hanya memuat ketentuan-ketentuan pokok mengenai tata laksana organisasi, cara kerja, kegiatan usaha, kewajiban-kewajiban, resiko yang harus ditanggung dan keadaan apabila terjadi sesuatu yang menyebabkan berhentinya organisasi koperasi.

Itu contoh macam-macam hal penting yang perlu dimasukan sebagai syarat ad art koperasi. Jika ada hal-hal di dalam peraturan belum cukup diatur di dalam Anggaran Rumah Tangga, Maka akan diatur lebih lanjut pada peraturan khusus.

Promo Gratis Download Software Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam