5 Cara Sukses Mengembangkan Usaha Koperasi di Era Modern

Mengembangkan usaha koperasi – Koperasi sangat berbeda dengan perusahaan keuangan lainnya, karena proses berdirinya pun berdasarkan pada prinsip, nilai, dan norma yang harus ditaati. Seperti yang kita ketahui, anggota koperasi merupakan pemilik dana yang dikelola.

Oleh karena itu, koperasi harus berkembang agar seluruh anggota nya dapat menikmati manfaatnya. Namun pada kenyataannya, yang terjadi tidak selalu berjalan lancar karena kurangnya strategi maupun persiapan. Nah, bagaimanakah tips mengembangkan usaha koperasi di era modern seperti saat ini?

Mengembangkan Usaha Koperasi di Era Modern

1. Benahi kondisi internal

Cara mengembangkan usaha koperasi yang pertama ialah membenahi kondisi internal. Disini dimaksudkan, Jika koperasi milik anda telah berdiri dalam waktu yang cukup lama dan masih belum ada perkembangan, maka diperlukan adanya suatu pembenahan.

Pembenahan ini harus diawali dari kondisi internal koperasi tersebut, baik masalah operasional ataupun masalah manajerial. Jika anda menemukan sesuatu yang tidak sesuai, maka harus segera dibenahi. Setelah itu baru kemudian mengatasi masalah eksternal.

2. Tambah kebijakan koperasi

Pada umumnya kebijakan koperasi menerapkan sistem penitipan. Dimana modal yang didapat, berasal dari dana titipan para anggotanya sebagai modal bersama. Namun pola penitipan modal seperti ini hanya akan memperbesar koperasi jika anggotanya juga banyak.

Lalu apa yang terjadi jika anggota nya masih sedikit ? Nah untuk mengurangi ketergantungan pada sistem keanggotaan tersebut, maka koperasi sebaiknya menambah kebijakan dengan memperluas perolehan modal, seperti melalui pendanaan atau investasi usaha.

Baca juga : MANFAAT MENGGUNAKAN SOFTWARE INVENTORY DALAM MENGELOLA PERSEDIAAN BARANG DAGANG

3. Buat promosi

Apabila kondisi internal koperasi telah diperbaiki, namun belum juga menemukan hasil yang maksimal. Cobalah dengan melakukan kegiatan promosi untuk mengenalkan suatu produk atau jasa pada seseorang, sehingga orang tersebut berminat menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Karena selain usaha penitipan, koperasi juga termasuk dalam usaha keuangan. Oleh karena itu anda perlu mengenalkannya pada masyarakat sehingga akan ada orang baru yang tertarik untuk menjadi anggota. Jika anggota bertambah secara otomatis keuangan koperasi semakin banyak dan usaha yang anda jalankan juga semakin berkembang.

4. Merekrut anggota yang kompeten

Untuk mengembangkan usaha koperasi memang harus dimulai dengan mencari anggota, namun anda juga tidak boleh asal dalam mencari anggota. Usahakan mencari orang yang kompeten.

Anggota yang kompeten artinya harus memiliki ilmu dan pengalaman tentang koperasi, karena anggota tersebut akan lebih mudah mengurus koperasi dengan baik. Selain itu, anggota yang kompeten juga bisa membantu anggota lain yang tidak begitu memahami koperasi. Sehingga proses perjalanan koperasi bisa lancar dan tentunya bisa semakin berkembang.

Baca juga : MENGELOLA TOKO DENGAN APLIKASI TOKO “THELITESHOP”

5. Tata kelola yang baik

Dalam prinsip bisnis lancar atau tidak nya sebuah usaha dapat berjalan, tergantung dari tata kelola perusahaan tersebut. Hal ini juga berlaku untuk koperasi yang dapat berjalan dan berkembang dengan lancar jika dikelola dengan baik.

Pengelolaan keuangan dan tugas dari masing-masing anggota dalam koperasi harus jelas dan rapi. Semua hal yang berkaitan dengan pengelolaan koperasi harus diatur secara jelas dan ditaati oleh semua anggota. Jika ada suatu tata kelola yang belum diatur sebelumnya, maka harus ada rapat musyawarah dan disetujui oleh semua anggota.

Demikianlah artikel singkat mengenai cara mengembangkan koperasi di era modern saat ini. Anda bisa langsung mencobanya. Jangan lupa untuk menggunakan Software Koperasi untuk mempermudah dan memperlancar bisnis koperasi anda.

>>> Download Software Koperasi Gratis, Klik Disini <<<