Proses Mengelola Keuangan yang Tepat

Proses Mengelola Keuangan yang Tepat

Proses Mengelola Keuangan yang Tepat – Cara untuk mengelola keuangan itu tidak semudah yang anda bayangkan. Semua harus anda lakukan dengan jelas supaya tidak sampai menimbulkan kesalahan yang signifikan.

Dalam mengelola keuangan yang anda miliki, tentunya anda juga harus tau bahwa semua itu membutuhkan data yang akurat dan lengkap.

Anda mungkin bisa membaginya menjadi dua kolom. Kolom pertama di laporan keuangan anda adalah untuk mengatur pengeluaran, sementara kolom kedua adalah untuk pemasukan.

Dengan melakukan proses mengelola keuangan yang baik dan benar maka sudah pasti banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan nanti. Mengelola keuangan juga merupakan salah satu cara yang terbaik agar nantinya anda bisa menemukan kemudahan dalam melakukan bisnis dengan banyak orang secara mudah dan tepat. Di sisi lain, mengelola keuangan juga akan bisa membuat anda lebih mudah dalam mengatur perusahaan anda kedepannya nanti.

Baca Juga : Jurnal Keuangan Koperasi

Proses Mengelola Keuangan

Proses Mengelola Keuangan yang Tepat

  • Pencatatan Aset/Harta Yang Dimiliki

Untuk kamu yang memiliki aset/harta kamu perlu mencatat aset-aset tersebut baik itu aset yang bersifat produktif maupun aset konsumtif. Aset ini terbagi menjadi 2 yaitu aset produktif dan aset konsumtif.

  1. Aset produktif adalah suatu aset yang dapat memberikan keuntungan pada saat aset tersebut dijual kembali, karena nilainya relatif meningkat. Contoh aset produktif: tabungan dan rumah.
  2. Aset konsumtif adalah aset yang tidak memberikan keuntungan, artinya ketika dijual kembali nilainya relatif akan turun. Contoh aset konsumtif: gadget dan perlengkapan rumah tangga.
  • Mencatat Semua Pemasukan dan Pengeluaran

Pastikan untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu. Karena ini penting, selain kamu memiliki rekapan arus kas keuangan kamu, kamu juga dapat menganalisa keuangan yang telah kamu keluarkan. Contoh, di hari ini kamu sudah mengeluarkan uang untuk naik ojek online dan di hari yang sama juga kamu mendapatkan gaji bulanan. Dengan pencatatan rutin, kamu dapat menganalisa komponen pengeluaran sekaligus pemasukan terbesarmu dan tentunya cari celah untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu, ditambah melihat adanya peluang pemasukan tambahan.

  • Memperhatikan Pengeluaran Rutin

Ini juga merupakan tahapan yang penting untuk kamu perhatikan dalam pengelolaan keuangan, apabila kamu sudah melakukan pencatatan dari pemasukan dan pengeluaran tentu kamu juga perlu memperhatikan hal ini terutama memperhatikan pengeluaran rutinnya. Tahapan ini diperlukan agar kita bisa merencanakan kembali dan melakukan pemetaan terhadap pengeluaran, apakah pengeluaran kita itu sifatnya rutin bulanan atau tahunan.

  • Menyusun Budgeting

Berbicara mengenai mengelola keuangan tidak akan lepas dari menyusun budgetingnya, karena itu perhatikan terlebih dahulu hal-hal dibawah ini dalam menyusun budgeting

  1. Membedakan mana kebutuhan mana keinginan
  2. Pilih mana yang menjadi prioritas kebutuhan
  • Merencanakan Program Untuk Masa Depan

Untuk dapat mengelola keuangan agar lebih baik, rencanakan keperluan jangka panjangmu juga dengan lebih baik. Saat merencanakan program untuk masa depan ini kamu perlu memperkirakan target periode dan dana yang dibutuhkan. Setelah itu tentukan target dana yang perlu disisihkan setiap bulannya.

  • Menabung Secara Periodik Untuk Masa Depan

Persiapkan dana untuk masa depan. Kamu bisa mempersiapkan masa depan kamu dengan menabung ataupun berinvestasi, kamu juga bisa mempersiapkan berapa dana yang dapat disisihkan. Jika kamu memilih untuk menabung, maka kamu tidak akan mendapatkan bunga dari tabungan yang kamu lakukan. Apabila kamu memilih investasi, maka kamu bisa mendapatkan bunga atas investasi yang kamu lakukan.

>>>Coba SOFTWARE KSP GRATIS KLIK DISINI<<<

SOFTWARE  MANAJEMEN KEUANGAN – SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!