Manfaat Koperasi Karyawan Bagi Perusahaan

Manfaat Koperasi Karyawan – Bagi Anda yang bekerja di pabrik atau di perusahaan tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Kopkar. Kopkar merupakan singkatan dari Koperasi Karyawan.

Koperasi Karyawan

Selama ini kebanyakan kita mengenal Kopkar sebagai tempat ngutang atau toko dimana kita bisa bawa pulang barang baru bayar belakangan lewat potong gaji. Tentunya masih banyak lagi manfaat Kopkar bagi karyawan atau anggotanya. Namun dalam tulisan ini kamia akan memaparkan beberapa manfaat koperasi karyawan bagi perusahaan tempat ia bernaung.

Bagi perusahaan yang belum ada Kopkar di dalamnya, semoga tulisan ini dapat menjawab pertanyaan “Apa untungnya kalau di perusahaan ini ada Kopkar?”. Sedangkan bagi perusahaan yang sudah ada Kopkar di dalamnya, semoga tulisan ini juga dapat menjawab pertanyaan “Apa manfaatnya bagi perusahaan jika Kopkar maju?”

Manfaat Koperasi Karyawan

Manfaat Koperasi Karyawan

1. Menambah penghasilan karyawan

Perusahaan manapun tentunya ingin karyawannya sejahtera, memberikan gaji, tunjangan, serta fasilitas yang lebih dibanding perusahaan lain. Sehingga karyawan dapat fokus bekerja di perusahaan dan merasa enjoyi. Sayangnya beberapa perusahaan terkendala masalah keuangan untuk bisa memberikan karyawannya gaji yang lebih tinggi.

Kopkar setiap tahun membagikan SHU kepada anggotanya, yang merupakan karyawan perusahaan. SHU itu bisa dianggap sebagai penghasilan tambahan bagi karyawan. Sehingga jika perusahaan mendorong dan membantu Kopkar untuk berkembang sehingga SHUnya meningkat, maka secara tidak langsung perusahaan juga membantu meningkatkan tingkat penghasilan karyawan.

Tidak hanya itu, selain SHU banyak juga manfaat koperasi karyawan lain yang bisa diberikan Kopkar kepada anggotanya. Seperti fasilitas pinjaman kepemilikan rumah atau kepemilikan kendaraan bermotor; menjadi tempat berinvestasi; tempat belajar bisnis, dan lain sebagainya.

Baca Juga : PROSES AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG YANG HARUS DIPELAJARI PENGUSAHA

2. Menjadi mitra strategis perusahaan

Tentunya perusahaan memiliki kebutuhan-kebutuhan tertentu yang tidak bisa dipenuhi secara intern. Contohnya: mengelola toko dan kantin yang menjual kebutuhan sehari-hari karyawan; memberikan pinjaman uang kepada karyawan; mengelola parkir; mengelola kebersihan kantor (cleaning service); pengadaan ATK; pengadaan kebutuhan pantry, dan lain-lain. Hal-hal yang diperlukan namun bukan merupakan aktivitas inti perusahaan bisa di alih dayakan ke Kopkar. Sehingga perusahaan bisa fokus pada aktivitas inti yang merupakan core business perusahaan, tidak dipusingkan oleh hal-hal kecil.

Dengan adanya Kopkar sebagai mitra strategis, perusahaan tidak perlu terlalu khawatir karena manajemen Kopkar berada satu atap dengan perusahaan. Sehingga lebih mudah dalam hal koordinasi, komunikasi dan kontrol. Tinggal bagaimana caranya agar Kopkar ini dapat melayani kebutuhan-kebutuhan perusahaan secara memuaskan.

Baca Juga : Inilah Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi

3. Menjadi supplier yang tidak profit oriented

Jika dibilang koperasi itu profit oriented kami kurang setuju. Koperasi itu lebih kepada people oriented. Profit dibutuhkan sebatas menjamin keberlangsungan organisasi, meningkatkan pelayanan kepada anggota dan stakeholder, serta mengembangkan koperasi. Karenanya koperasi seharusnya dituntut untuk menjadi efisien sehingga tidak perlu mematok margin profit yang tinggi.

Dalam kasus Kopkar, perusahaan merupakan salah satu stakeholder utama selain anggota. Karena perusahaan lah tempat bernaung Kopkar, dan juga perusahaan cenderung memberikan fasilitas kepada Kopkar. Sehingga hubungan antara perusahaan dan Kopkar tidak sebatas provider-klien yang profit oriented. Ada hubungan yang jauh lebih dalam antara perusahaan dan Kopkar jika dibandingkan dengan supplier atau provider lain. Kopkar dapat berlaku transparan kepada perusahaan mengenai berapa harga dasar dan profit margin yang diambil untuk suatu pengadaan barang atau jasa. Sehingga harga pengadaan barang dan jasa yang diadakan oleh Kopkar bisa kompetitif.

Nah, itulah manfaat koperasi karyawan di perusahaan. Agar koperasi karyawan dapat berjalan dengan baik dan sejahtera, jangan lupa gunakan Software Koperasi ITBrain Indonesia, karena didalamnya terdapat banyak sekali fitur-fitur yang dapat memudahkan anda.

>>> Download Aplikasi Koperasi Gratis, Klik Disini <<<