Laporan Saldo Piutang

Download Software Koperasi Simpan Pinjam

Pentingnya Kontrol Keuangan Dalam Organisasi

Suatu organisasi terutama yang bergerak dalam bisnis keuangan tidak akan bisa lepas dari laporan yang mempertanggung jawabkan mengenai segala kegiatan yang menyangkut pembelanjaan dari dana yang ada di dalam organisasi tersebut.
Untuk mengawasi segala kegiatan tersebut dapat dipertanggung jawabkan dengan membuat suatu laporan saldo piutang, laporan mengenai pemasukan, laporan mengenai pengeluaran terkait biaya produksi, pembayaran sarana dan prasarana, pembayaran tenaga kerja, dan masih banyak lagi.
Agar bisa mengawasi segala bentuk pengeluaran dan pemasukan bahkan piutang tersebut dengan rinci, maka dibutuhkan suatu laporan pertanggung jawaban secara tertulis. Laporan semacam ini juga nantinya akan menjadi bentuk dokumentasi yang penting untuk disimpan agar segala bentuk kegiatan yang berhubungan dengan dana baik dana untuk pembayaran maupun dana yang didapatkan dari pemasukan eksternal dapat diketahui secara pasti sumber dan tujuannya.
Laporan saldo piutang juga digunakan oleh organisasi seperti koperasi untuk memberikan data secara rinci mengenai jumlah pasti utang dana yang diberikan oleh organisasi tersebut kepada nasabahnya. Sehingga anggota tersebut dapat mengetahui seberapa banyak utang dan bunga yang harus dibayarkan. Laporan ini juga berguna untuk mengetahui sejauh mana nasabah tersebut telah membayar utang. Laporan saldo piutang pada transaksi utang piutang dari koperasi ke nasabah akan menghindarkan adanya kesalah pahaman baik pada pihak koperasi maupun nasabah mengenai jumlah dari utang maupun lama pembayaran pelunasan hutang tersebut.