Perbedaan Koperasi Simpan Pinjam Syariah Dengan Konvensional

Download Software Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi simpan pinjam syariah didirikan karena Indonesia yang notabene memiliki jumlah penduuk muslim sangat tinggi di sambut oleh pelaku bisnis jasa keuangan syariah.

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

Koperasi Simpan Pinjam Syariah merupakan bentuk koperasi yang telah di sah kan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang sistem pengoperasiannya kurang lebih sama dengan koperasi konvensional, hanya saja menggunakan konsep syariah atau bagi hasil.

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Perbedaan Koperasi Simpan Pinjam Syariah Dengan Konvensional

Prinsip-prinsipnya pun sama dengan prinsip koperasi umumnya, namun koperasi hanya terdiri dari satu lembaga, yaitu koperasi yang dijalankan dengan sistem Syariah.

VIDEO TUTORIAL SOFTWARE APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM KLIK DISINI, GRATIS !!!

Jenis produk antara koperasi syariah dan koperasi konvensional sebenarnya hampir sama pada umumnya yang menyangkut produk simpanan dan produk pinjaman. Namun berbeda pada sistem nya, koperasi simpan pinjam syariah kurang lebih seperti bank syariah yang tidak menggunakan sistem bunga seperti koperasi konvensional. Sekalipun Koperasi Simpan Pinjam Syariah hampir sama produknya dengan bank syariah, tapi pada produk funding-nya terdapat perbedaan. Produk funding atau pendanaan pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah dinamakan Simpanan sedangkan pada Bank Syariah disebut Tabungan. Perbedaan istilah ini didasari pada induk yang menaungi Koperasi Simpan Pinjam Syariah dan Bank Syariah itu sendiri. Pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah berada di bawah naungan Dinas Koperasi sedangkan Bank Syariah dibawah naungan Bank Indonesia dimana izin pendirian kedua jenis lembaga tersebut dikeluarkan dari masing-masing induknya. Terdapat Dewan Pengawas syariah yang dipilih oleh koperasi berdasarkan keputusan dari rapat anggota, dimana dewan ini beranggotakan alim ulama yang ahli persoalan dalam masalah syariah agar dewan pengawas menjalankan fungsi dan tugas sebagai pengawas syariah pada koperasi dan berwenang memberi tanggapan atau melakukan penafsiran terhadap fatwa atau keptusan yang dikeluarkan oleh dewan syariah nasional.

Perbedaan yang mendasar antara Koperasi Simpan Pinjam Syariah dengan Koperasi Simpan Pinjam Konvensional adalah pada sistemnya, yaitu system bagi hasil dan system bunga. System bagi hasil (mudharobah) telah dicontohkan oleh rasulullah, sedangkan system bunga member tambahan bagi pihak kreditur (pihak yang memberikan piutang). Adapun landasan larangan terhadap riba tersebut terdapat dalam beberapa ayat sebagaimana berikut ini;
29. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kami saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu [287]; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

Download Software Pendidikan, Kesehatan, dan Koperasi Gratis Klik Disini !!