Tata Cara Mendirikan Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah – Diantara banyaknya siswa yang suka jajan di kantin sekolah, pasti ada beberapa siswa yang juga gemar berkunjung ke koperasi, entah itu untuk sekadar ngobrol bareng temen, jajan makanan kecil, atau membeli pulpen yang tiba-tiba hilang di kelas.

Ya, koperasi memang berbeda dengan kantin sekolah yang kebanyakan menjual makanan saja. Di koperasi, siswa dapat membeli berbagai kebutuhan sekolah seperti dasi dan topi. Masalahnya, bagaimana tata cara mendirikan koperasi di sekolah?

Tata Cara Mendirikan Koperasi Sekolah

Related image

Persiapan

Sebelum membangun koperasi, hal pertama yang harus dilakukan adalah: rapat persiapan antara guru, murid, dan calon panitia pengurus. Dalam rapat ini akan dibahas pembentukan panitia pendirian koperasi sekolahnya, tugas-tugasnya, serta struktur organisasi koperasinya. Supaya semuanya tertata dan menjadi jelas.

Rapat Pengurus Koperasi

Setelah rapat persiapan, selanjutnya ialah membentuk panitia kepengurusan koperasi. Umunya paling mudah dilakukan dengan cara voting. Siapa saja peserta rapatnya? Tentunya harus dari pihak sekolah, (guru dan kepala sekolah), perwakilan murid dan pengurus OSIS, serta perwakilan Dinas Pendidikan dan pejabat Dinas Koperasi setempat. Selain membentuk kepengurusan, tentukan juga tugas-tugas mereka. Jangan sampai tugas-tugas mereka saling tumpang tindih ya!

Rapat Pengoperasian

Setelah menentukan pengurus koperasi, baru, deh, lakukan rapat yang sifatnya operasional. Rapatnya sendiri harus dihadiri murid, guru, dan pengurus yang sudah dibentuk. Di rapat ini, akan dibahas mulai dari bagaimana sistem permodalan koperasi sekolah kamu, penggelolaannya, kegiatan dan jenis usaha, serta barang-barang pendukung yang dibutuhkan.

Baca juga : PROGRAM PEMBAYARAN SPP SEKOLAH – TERBAIK & TERAKURAT

Penyusunan AD/ART

Tahap selanjutnya adalah penyusunan daftar anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART). Anggaran dasar merupakan aturan tertulis yang berisi tata kehidupan koperasi. Mulai dari pencantuman daftar nama pendiri koperasi, nama koperasi dan tempat kedudukan, maksud dan tujuan koperasi, serta berbagai ketentuan terkait keanggotaan. Siapa yang bikin? Tentunya para pendiri koperasi di sekolah.

Pengajuan Pengesahan

Setelahnya, pihak pengurus harus melakukan pengajuan pengesahan koperasi ke kantor koperasi tingkat provinsi atau kantor koperasi tingkat II (Kabupaten/Kota). Tujuannya apa? Supaya koperasi sekolah terdaftar dan menjadi sebuah badan yang resmi secara hukum. Hal ini yang membedakan antara koperasi dengan kantin sekolah.

Pengesahan

Tahap terakhir, kamu tinggal menunggu penerimaan bukti tanda terima dari kantor koperasi yang kamu berikan surat pengajuan pengesahan. Surat ini, nantinya akan digunakan sebagai landasan hukum supaya kamu dapat menjalankan kegiatan usaha koperasi dengan sah. Kalau udah mendapatkan surat ini, sekolah kamu secara resmi boleh menjalankan koperasinya deh!

>>> Download Software Koperasi Sekolah Gratis, Klik Disini <<<