Koperasi Buruh

Koperasi Buruh

Koperasi Buruh – Koperasi buruh sebenarnya hampir sama dengan koperasi karyawan yang biasa kita temui. Koperasi yang disebut dengan koperasi buruh biasanya diikuti oleh para buruh atau pekerja suatu pabrik. Koperasi yang didirikan biasanya berupa koperasi simpan pinjam ataupun koperasi penjualan. Keanggotaan koperasi tidak dibatasi atau bersifat terbuka. Setiap pekerja boleh menjadi anggota.

Koperasi Buruh

koperasi buruh
Sumber: polhukam.id

Dalam koperasi buruh, tidak boleh ada paksaan dari pihak manapun. Namun biasanya para pekerja akan dengan senang hati manjadi anggota karena banyak manfaat yang mereka dapatkan jika menjadi anggota. Mereka bisa menabung dengan mudah serta meminjam uang di koperasi.

Selain itu, mereka juga bisa membeli kebutuhan mereka dengan harga yang relatif lebih murah. Selain itu mereka juga akan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) tiap akhir periode. Banyak keuntungan yang akan didapat oleh para anggota dari banyak hal. Bahkan malah tidak ada ruginya menjadi anggota sebuah koperasi.

Tujuan koperasi memanglah menikkan taraf hidup para anggotanya. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan perekonomian. Koperasi dikelola secara mandiri oleh pengurus. Koperasi tidak berhubungan dengan pabrik dari hal keuangan ataupun hal lain. Tidak ada campur tangan dari pihak lain. Jika ada masalah yang terjadi, para pengurus harus menyelesaikan masalahnya secara mandiri. Seperti koperasi lainnya, koperasi buruh seharusnya memiliki dasar hukum dan terdaftar karena anggota dan pengurusnya sudah dewasa.

Baca juga : MANFAAT MENGGUNAKAN APLIKASI AKUNTANSI ITBRAIN INDONESIA

Software Koperasi

APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM

Guna membantu mempermudah pekerjaan pengelolaan koperasi, kami ITBrain Indonesia menyediakan Software Koperasi dengan fitur lengkap dan mudah digunakan. Software koperasi ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang sangat sesuai & relevan dengan pekerjaan sehari-hari anda dalam mengelola kegiatan simpan pinjam di koperasi. Berikut kami paparkan sedikit fitur yang terdapat dalam software pinjaman koperasi;

  • Form nasabah – fitur ini berfungsi untuk memberikan informasi mengenai nasabah anda. Data yang dimuat dalam form nasabah ini diantaranya adalah; kode nasabah, nama, no ktp, alamat, jenis kelamin, no telp/hp, dan berbagai informasi pribadi lainnya.
  • Form buat tagihan nasabah – form ini berfungsi untuk membuat tagihan untuk nasabah
  • Laporan nasabah/anggota aktif – form ini berfungsi untuk melihat daftar nama anggota yang masih aktif
  • Laporan histori pembayaran piutang nasabah – form ini digunakan untuk melihat histori/rekap catatan nasabah yang membayar piutang
  • Laporan saldo piutang nasabah – form ini digunakan untuk melihat saldo piutang nasabah
  • Dll

>>> Download Software Koperasi Gratis, Klik Disini <<<