Jenis Simpanan Koperasi

Download Software Koperasi Simpan Pinjam

Jenis Jenis Simpanan Koperasi

Bergabung menjadi anggota koperasi tentu harus melaksanakan kewajiban untuk membayar berbagai simpanan koperasi. Sudahkah Anda mengetahui simpanan apa saja yang harus Anda bayar ketika Anda ingin menjadi anggota koperasi?
Nah, inilah jenis simpanan koperasi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya atau setiap pertemuan koperasi dilakukan.
Simpanan Pokok
Simpanan pokok biasanya dibayarkan ketika Anda bergabung dengan salah satu koperasi. Simpanan ini besarnya sama dengan simpanan wajib yang diberlakukan kepada anggota koperasi lainnya. Jika Anda ingin mengambil ini, Anda tidak dapat melakukannya sesuka hati Anda. Namun, ketika Anda keluar dari anggota koperasi, Anda akan kembali mendapatkankan simpanan pokok tersebut.
Simpanan Wajib
Simpanan wajib besarnya tidak sama dengan simpanan simpanan yang lain. Anda dapat menyimpan jumlah uang yang lebih besar atau kecil dari simpanan pokok untuk koperasi selama kesempatan tertentu. Jika Anda ingin mengambil jenis simpanan koperasi, Anda dapat mengambil ketika Anda tidak menjadi anggota koperasi tersebut.
Simpanan Berjenis Tabungan Koperasi
Inilah jenis simpanan koperasi yang terakhir yaitu tabungan koperasi. Tabungan koperasi dapat dibayarkan sesuka hati anggota koperasi dengan nominal yang tidak tertentu. Waktu pengambilannya juga dapat dilakukan kapanpun anggota membutuhkan dengan menggunakan buku tabungan koperasi. Nah, itulah ulasan mengenai jenis simpanan koperasi yang bermanfaat untuk Anda, pelajar dan yang ingin menjadi anggota koperasi.