3 Jenis Simpanan Koperasi

3 Jenis Simpanan Koperasi

Jenis SimpananMeskipun bentuknya adalah lembaga keuangan, KSP tidak bisa disamakan dengan bank. KSP merupakan badan usaha yang terdiri dari beberapa anggota perseorangan dengan sifat terbuka atau sukarela dan dikelola mandiri sekaligus demokratis.

Inilah mengapa kekuasaan tertinggi ada di Rapat Anggota Tahunan (RAT). Keuntungan koperasi diwujudkan dalam bentuk SHU (sisa hasil usaha) dan dibagikan secara adil kepada seluruh anggota berdasarkan kontribusi mereka terhadap lembaga.

Bergabung menjadi anggota koperasi tentu harus melaksanakan kewajiban untuk membayar berbagai simpanan koperasi. Sudahkah Anda mengetahui simpanan apa saja yang harus Anda bayar ketika Anda ingin menjadi anggota koperasi?

Nah, inilah jenis simpanan koperasi yang harus Anda bayarkan setiap bulannya atau setiappertemuan koperasi dilakukan.

Jenis Simpanan Koperasi

Berikut Jenis Simpanan Koperasi Secara Umum :

Simpanan Pokok

Simpanan pokok biasanya dibayarkan ketika Anda bergabung dengan salah satu koperasi. Simpanan ini besarnya sama dengan simpanan wajib yang diberlakukan kepada anggota koperasi lainnya. Jika Anda ingin mengambil ini, Anda tidak dapat melakukannya sesuka hati Anda. Namun, ketika Anda keluar dari anggota koperasi, Anda akan kembali mendapatkankan simpanan pokok tersebut.

Simpanan Wajib

Simpanan wajib besarnya tidak sama dengan simpanan simpanan yang lain. Anda dapat menyimpan jumlah uang yang lebih besar atau kecil dari simpanan pokok untuk koperasi selama kesempatan tertentu. Jika Anda ingin mengambil jenis simpanan koperasi, Anda dapat mengambil ketika Anda tidak menjadi anggota koperasi tersebut.

Simpanan Berjenis Tabungan Koperasi

Inilah jenis simpanan koperasi yang terakhir yaitu tabungan koperasi. Tabungan koperasi dapat dibayarkan sesuka hati anggota koperasi dengan nominal yang tidak tertentu. Waktu pengambilannya juga dapat dilakukan kapanpun anggota membutuhkan dengan menggunakan buku simpanan koperasi. Nah, itulah ulasan mengenai simpanan yang bermanfaat untuk Anda, pelajar dan yang ingin menjadi anggota koperasi.
Agar roda ekonomi KSP selalu berputar dan mampu memberikan manfaat kepada anggota, koperasi ini memberikan pinjaman kepada anggota atau pihak lain dengan mekanisme yang sudah ditentukan.