Jati Diri Koperasi Dengan Aplikasi

Jati Diri Koperasi Dengan Aplikasi

Jati diri koperasi merupakan kepribadian yang memberikan identitas kepada koperasi yang membedakan koperasi tersebut dengan yang lainnya. Diharapkan koperasi memiliki kekuatan untuk tumbuh dan berkembang di masa yang akan datang terutama dalam menghadapi perubahan dalam era globalisasi di mana iklim usaha semakin kompetitif.

Jati diri bukanlah sesuatu yang timbul secara mendadak, sekali jadi, dan tidak pernah berubah, melainkan mengalami penyesuaian dan proses yang panjang. Pada awalnya jati diri dibangun atas landasan pemikiran perlunya reformasi sosial akibat berlakunya ekonomi liberal kapitalis yang melahirkan ketidakadilan dalam masyarakat.

Baca Juga : Nilai – Nilai Koperasi

Jati Diri Koperasi

Kehadiran koperasi sebagai bentuk protes atas ketidakadilan tersebut kemudian berkembang sebagai advokasi dan proteksi kepada golongan ekonomi lemah. Koperasi akhirnya berkembang sebagai konsep sistem sosial ekonomi yang manusiawi, adil, dan efisien.

jati diri koperasi

 

Agar terjadi keseragaman dan tidak terjadi kesimpangsiuran, maka gerakan koperasi di dunia menyerahkan tugas dan tanggung jawab untuk merumuskan jati diri koperasi kepada International Cooperative Alliance atau (ICA) .

Baca Juga : Sejarah Berdirinya Koperasi Dunia

Sehubungan dengan tugas dan tanggung jawab tersebut, maka ICA berusaha merumuskan jati diri koperasi yang mengalami perbaikan demi perbaikan dari masa ke masa. Pada tahun 1995 di Kota Manchester Inggris ICA berhasil merumuskan jati diri koperasi yang terdiri dari tiga unsur yaitu: definisi, nilai-nilai, dan prinsip-prinsip koperasi. Akhirnya konggres di Manchester menerima dan mengesahkan rumusan tersebut.

>>>COBA SOFTWARE KSP GRATIS KLIK DISINI<<<

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

joker123