Ekonomi Koperasi

Download Software Koperasi Simpan Pinjam

Perkembangan Ekonomi Koperasi Indonesia

Sejak dimulai pada tahun 1896 di Jawa Tengah oleh R. Aria Wiriatmadja, ekonomi koperasi di Indonesia telah banyak mengalami perkembangan. Kali ini Indonesia sudah menjadi negara yang merdeka, tidak lagi berada di

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

bawah kekuasaan kolonial seperti pada awal koperasi berdiri. Seiring dengan perkembangannya, koperasi telah memberikan kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian Indonesia.

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Karena koperasi bergerak dalam berbagai sektor, memberikan lapangan kerja yang tersebar, berperan dalam pemberdayaan masyarakat melalui bisnis mikro, menciptakan pasar dan lapangan kerja yang mendukung munculnya inovasi baru, serta memberikan sumbangan bagi neraca pembayaran melalui kegiatan ekspor. Maka, peran ekonomi koperasi dalam UMKM sangat strategis.

Karena perkembangan inilah, ekonomi koperasi diperkirakan akan mengalami peningkatan yang matang dan signifikan di masa depan. Untuk itu, diperlukan komitmen dari pemerintah dalam membangun koperasi dengan tetap mempertahankan prinsip dan jatidiri koperasi. Salah satu komitmen itu adalah dengan turut memberdayakan koperasi, yaitu dengan memberikan pendidikan dan pemahaman tentang ekonomi koperasi. Hal ini akan membuat koperasi yang tidak aktif dapat memperbaiki sistem kerja dan organisasinya untuk dapat aktif, dan membuat operasi yang sudah aktif semakin memperbaiki kualitas dirinya. Maka, koperasi akan dapat bersaing di dunia internasional, terutama di bidang ekspor-impor dan negara berkembang. Karena ekonomi koperasi menganut prinsip gotong-royong yang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.