koperasi unit desa

Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN)

Dewan Koperasi Indonesia atau dekopin adalah suatu gerakan koperasi Indonesia yang anggotanya terdiri atas anggota biasa, yaitu secara otomatis setiap koperasi yang sudah berbadan hukum, dan anggota luar biasa yang berasal dari badan-badan atau lembaga-lembaga bukan koperasi dengan mengajukan permintaan keanggotaan.

Tujuan dari Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) yaitu:

  1. Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) bertujuan memperjuangkan terciptanya cita-cita, tujuan, dan kepentingan bersama koperasi Indonesia, yaitu terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhai oleh Tuhan Yang Maha Esa melalui tata ekonomi Indonesia yang berpijak pada demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945.
  2. Dekopin bertujuan Memperjuangkan koperasi Indonesia agar menjadi saka guru dalam tata ekonomi bangsa Indonesia.

Baca juga : 3 PERAN PENTING UMKM, PENGGERAK SEKTOR EKONOMI INDONESIA

Dewan koperasi Indonesia (Dekopin) untuk mencapai tujuan pada tingkat dunia sejak pertengahan tahun 1958 telah menjadi anggota Perserikatan Koperasi Internasional (International Cooperative Alliance disingkat ICA) semacam organisasi tingkat dunia yang berkedudukan di Swiss. Indonesia tercatat menjadi anggota nomor 77 atau negara yang ke 44.

Dalam garis besarnya ICA bertujuan mengadakan kerja sama dan berusaha memajukan gerakan koperasi di seluruh dunia. Dengan melalui persaudaraan dan solidaritas koperasi, ICA berupaya mencapai perdamaian, baik lokal, nasional, maupun internasional, serta kesejahteraan di seluruh dunia.

Software Koperasi

Itulah artikel mengenai Dekopin. Semoga artikel diatas dapat memenuhi informasti yang anda cari. Untuk memudahkan pekerjaan anda dalam bidang koperasi, kami menyediakan software koperasi yang memiliki berbagai fitur dan fasilitas yang dapat membantu anda mempermudah pekerjaan anda dalam hal koperasi. Gunakan software koperasi, untuk manajemen koperasi yang lebih baik.

>>> Download Software Koperasi Gratis, Klik Disini <<<