Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi – Sebagian orang mungkin sering melakukan pinjaman kepada pihak perbankan, dengan segala ketentuan serta persyaratan yang terkadang rumit namun harus tetap dipenuhi. Sebenarnya ada banyak lembaga yang resmi yang bisa membantu masalah pinjaman dana tersebut yang memiliki ketentuan jauh lebih mudah dan juga prosesnya cepat. Salah satu lembaga ini adalah koperasi.

Koperasi adalah organisasi bisnis yang dijalankan berdasarkan prinsip ekonomi rakyat dan atas asas kekeluargaan.  Anda bisa menemukan prinsip dasar koperasi tersebut lewat UU No.17 Tahun 2012.

Baca Juga : BISNIS KOPERASI BERSAMA DEMI KEPENTINGAN MASYARAKAT BERSAMA

Ternyata selain lembaga perbankan, koperasi juga memiliki sektor yang menangani masalah simpan pinjam uang, atau lebih dikenal dengan koperasi simpan pinjam.

Jenis koperasi ini umum dikenal masyarakat, bahkan beberapa diantara mereka ada yang menjadi anggota koperasi terkait. Koperasi simpan pinjam tentunya juga melayani jasa simpan pinjam, khususnya bagi para anggotanya.

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi

  1. Bergabung Menjadi Anggota Koperasi

Cara mengajukan pinjaman koperasi yang pertama ialah bergabung menjadi anggota koperasi. Karena koperasi adalah organisasi bisnis, tentunya ada struktur organisasi yang berperan dalam hal ini, termasuk menjadi anggota koperasi. Pendaftaran tersebut bersifat perorangan dan bukan dalam bentuk badan hukum. Anggota harus secara sukarela dan bersedia membayar simpanan pokok dan simpanan wajib yang sesuai dengan ketentuan koperasi simpan pinjam.

Anggota koperasi juga harus mengetahui segala bentuk anggaran yang dibuat koperasi simpan pinjam terkait atau bisa dibilang transparan. Anggota harus menyetujui anggaran dasar, anggaran rumah tangga serta ketentuan Koperasi lainnya.

  1. Melengkapi Persyaratan

Cara mengajukan pinjaman koperasi yang kedua yakni melengkapi persyaratan. Karena ini adalah koperasi simpan pinjam, selanjutnya anggota koperasi harus melengkapi persyaratan untuk pinjaman yaitu menyerahkan fotokopi KTP suami dan istri (jika sudah menikah), kemudian menyerahkan pas foto dan juga fotokopi kartu keluarga atau rekening listrik atau slip gaji dan agunan. Setelah itu Anda harus mengisi formulir pinjaman dan sudah berstatus calon anggota atau anggota.

  1. Buat Proposal Usaha

Jika pengajuan pinjaman ini, Anda ajukan untuk usaha yang akan didirikan, maka perlu dibuatkan proposal yang bertujuan untuk penggunaan dana sebagai modal usaha. Buatlah proposal dengan jelas dan detail, terutama dalam penulisan rincian rupiah yang diperlukan untuk mewujudkan usaha tersebut.

Baca Juga : Program Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam

  1. Tunggu Keputusan Pengurus Koperasi

Setelah proposal diperiksa oleh pengurus koperasi, mereka akan mempertimbangkan pengajuan pinjaman tersebut dengan seksama. Jika sesuai prosedur yang ada, mungkin proposal Anda bisa diterima oleh pihak koperasi dan dana untuk modal usaha Anda bisa segera didapatkan.  Mengenai pencairan dana, biasanya akan dibuat kesepakatan bersama yang terdapat dalam akad pinjaman koperasi.

  1. Pastikan Lembaga Koperasi Terkait Memiliki Izin yang Resmi

Walaupun koperasi bukan lembaga keuangan khusus seperti bank, namun koperasi juga harus memiliki izin yang resmi bila akan didirikan. Saat ini juga banyak koperasi yang berujung dengan kasus penipuan yang membawa lari semua uang anggotanya. Sebagai calon anggota, sebelum mengajukan pinjaman, cobalah untuk menelaah apakah koperasi terkait memiliki izin resmi dari pemerintah.

>>> DOWNLOAD SOFTWARE KOPERASI GRATIS, KLIK DISINI <<<