Buku Anggota Koperasi

Download Software Koperasi Simpan Pinjam

Kegunaan Buku Anggota Koperasi

Salah satu komponen penting yang harus dikelola dengan baik pada koperasi adalah buku anggota koperasi. Buku ini merupakan satu dari 17 buku administrasi pengelolaan koperasi. Buku ini memberikan informasi mengenai simpanan dan SHU masing-masing anggota dalam bentuk rekapitulasi.

APLIKASI AKUNTANSI, HUTANG PIUTANG, LABA RUGI, DAN LAPORAN KEUANGAN GRATIS, KLIK TULISAN INI !!!

Oleh karena itu, buku ini menjadi sangat penting dalam siklus pelaporan koperasi setiap tahunnya. Tidak hanya memberikan informasi keuangan setiap anggota, buku anggota koperasi juga menggambarkan transparasi keuangan koperasi yang bersangkutan.

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

Komponen yang ada di buku anggota koperasi antara lain: simpanan pokok, simpanan wajib, jumlah simpanan, sisa hutang, jasa pinjaman, SHU jasa simpanan, SHU jasa pinjaman, dan total SHU diterima. Perhitungan-perhitungan tersebut dilakukan berdasarkan simpanan dan pinjaman masing-masing anggota yang dikelola oleh koperasi. Dalam penghitungan SHU, tidak hanya besar modal yang dipertimbangkan. Jasa usaha masing-masing anggota juga diperhitungkan. Namun, semua kembali lagi pada keputusan rapat anggota. Karena dana SHU ini berasal dari anggota, maka akan kembali juga untuk kepentingan anggota.

Maka, buku anggota koperasi memberikan informasi aliran dana dari setiap anggota koperasi. Segala informasi yang ada di dalamnya mengandung komponen dari berbagai perhitungan, baik laba usaha, pinjaman, modal, dll. Kebenaran informasi yang ada di dalamnya menunjukkan transparansi yang berfungsi sebagai kontrol oleh anggota koperasi tersebut. Begitu juga sebaliknya, koperasi dapat mengontrol aktivitas keuangan anggotanya.

Download Software Pendidikan, Kesehatan, dan Koperasi Gratis Klik Disini !!