5 Jenis Bisnis Koperasi Sebagai Pilihan Anggota Koperasi

5 Jenis Bisnis Koperasi Sebagai Pilihan Anggota Koperasi

Selama ini orang mengenal koperasi di tanah air semata sebagai entitas usaha kecil-kecilan. Seperti simpan pinjam dalam skala mikro dan atau usaha warung kelontong. Pada akhirnya persepsi mengenai koperasi yang terbentuk sebagai urusan usaha kecil-kecilan. Anak-anak muda menganggap bisnis koperasi bukan sebagai hal menarik dan bahkan terkesan kuno. Koperasi sebagai entitas usaha modern dan sesungguhnya futuristik justru banyak ditinggalkan.

Orang lupa bahwa das sollen-nya koperasi itu sebetulnya sebagai bisnis berskala besar karena fungsinya mengintegrasi usaha-usaha kecil sebagaimana mustinya asas subsidiaritas koperasi diterapkan. Dimana apa-apa yang bisa dikerjakan sendiri dikerjakan individu dan apa-apa yang tidak bisa dikerjakan sendiri-sendiri dikerjakan bersama melalui koperasi.

Konsep koperasi sebagai bussines provider, perusahaan masa depan yang demokratis tidak terlihat dalam praktek dan banyak orang pada akhirnya menyangsikan koperasi dapat menjadi perusahaan konglomerasi dan menjadi pemimpin pasar. Harapan koperasi dapat menjadi soko guru ekonomi menjadi jauh panggang dari api.

Baca Juga : Buku Anggota Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi sebagai lahan bisnis

Koperasi pada dasarnya merupakan salah satu bisnis yang dimiliki oleh beberapa orang dan dioperasikan bersama demi kepentingan semua anggotanya. Landasan koperasi adalah kegiatan yang berdasar prinsip gerakan ekonomi rakyat berdasar kekeluargaan.

Koperasi Bisnis

Berikut ini beberapa Jenis Bisnis koperasi:

  1. Koperasi konsumsi/pembelian/pengadaan

Koperasi ini menyelenggarakan pengadaan barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan anggotanya. Anggota di sini berperan sebagai pemilik dan pembeli.

  1. Koperasi penjualan/pemasaran

Disini koperasi menyelenggarakan distribusi barang atau jasa yang dibuat oleh para anggota agar bisa sampai konsumen. Anggota bertindak sebagai pemilik dan pemasok barang atau jasa kepada koperasi.

  1. Koperasi jasa

Koperasi menyelenggarakan pelayanan jasa yang dibutuhkan oleh para anggotanya. Seperti simpan pinjam, angkutan, asuransi dan lain lain. Peran anggota sebagai pengguna layanan jasa dan pemilik jasa.

  1. Koperasi produksi

Koperasi ini menghasilkan barang dan jasa. Setiap anggotanya memiliki peran sebagai pegawai koperasi.

Bisnis koperasi sudah menjamur di Indonesia sehingga jika Anda ingin menjalankan usaha ini tidak mengalami kesulitan untuk mencari relasi maupun konsultasi usaha ini.

Baca Juga : Memaksimalkan Pendapatan Koperasi

Dengan memilih koperasi sebagai bisnis Anda, Anda bisa mendapatkan keuntungan seperti mempermudah Anda sebagai anggota untuk mendapat modal usaha selain itu bisa melatih Anda untuk berorganisasi.

SOFTWARE KOPERASI SIMPAN PINJAM – KSP SUPER MURAH. KLIK TULISAN INI GRATIS !!!!

joker123